rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Resep Mendapatkan Peluang

Resep Mendapatkan Peluang

Saya banyak membaca buku-buku yang menulis tentang positif thinking, dari buku-buku tersebut menceritakan bagaimana kita harus selalu berpikir positif di dalam keadaan apapun juga. Pertanyaan yang selalu muncul di dalam pikiran saya, untuk selalu berpikir positif adalah “Bagaimana mungkin saya bisa berpikir positif pada saat ada orang yang menipu saya ?”.  Saya pasti akan kesal dan marah pada diri saya sendiri.

Pada suatu saat saya ditelepon bahwa saudara saya ditangkap polisi, kemudian saya diminta berbicara dengan saudara saya tersebut, saya percaya karena suaranya persis sekali. Mendengarkan cerita si penelepon yang katanya polisi, pikiran saya menjadi tidak tenang, secara tidak sadar saya menyebutkan nama saudara saya tersebut, singkat cerita dia meminta saya membayar denda dengan mengirimkan pulsa telepon, dan saya menurut saja, sampai beberapa kali, bahkan pada saat saya membeli pulsa, si penjual pulsa mengingatkan saya bahwa saya mungkin ditipu. Sampai akhirnya saya menelepon saudara saya tersebut dan saya bertanya dia ada dimana. Disitulah saya baru sadar bahwa saya ditipu, saya tidak mengatakan pada saudara saya tersebut bahwa saya ditipu.

Dalam keadaan kesal dan marah, saya kehilangan berpikir rasional. Dengan rasa yang emosional saya menelepon mentor saya, dan saya ceritakan kejadian saya. Dengan santainya mentor saya mengatakan bahwa hal itu sering terjadi pada siapa saja, dia mengatakan kenapa saya kesal karena ego saya terkena. Saya mengerti maksudnya, artinya saya harus belajar dari kejadian tersebut kemudian tidak usah dipikirkan lagi.

Memang pada saat ditelepon kemudian tahu itu saudara saya, pikiran saya menjadi negatif, membayangkan banyak hal tentang saudara saya tersebut, akhirnya saya menjadi gelisah. Seharusnya saya berpikir lebih positif sehingga saya menjadi tenang. Kalau ada di kantor polisi karena kesalahan kendaraannya atau bahkan kecelakaan sekalipun tentunya akan aman di kantor polisi. Kemudian dengan tenang mungkin saya dapat menghubungi saudara saya tersebut atau mungkin keluarga terdekatnya.

Saya pernah membaca suatu kalimat yang bagus yang mengatakan : Positive mind finds opportunity in everything. Negatif mind finds faults in everything. Setelah saya mendapatkan pelajaran ditipu orang di atas, saya belajar bagaimana dapat berpikir positif di setiap keadaan, dan sampai sekarang masih harus terus dilatih untuk belajar berpikir positif. Setelah sekian lama saya belajar untuk selalu berpikir positif, saya meyakini bahwa kalimat di atas benar, ada pengalaman saya yang lain yang membuat saya semakin yakin pada kalimat di atas.

Beberapa waktu yang lalu Andal Software mendapatkan proyek yang cukup besar yang merupakan proyek pertama dengan ukuran sebesar itu. Team Andalers sangat antusias untuk mendapatkan proyek tersebut, seiring berjalannya dengan waktu kami berdiskusi tentang sistem dan proses bisnis, ternyata banyak hal yang perlu kami perbaiki. Demi mendapakan proyek besar ini kami banyak melakukan perbaikan di internal baik dalam pengembangan produk maupun peningkatan pengetahuan Andalers agar mampu mengerjakan proyek tersebut seandainya dapat.  Tetapi setelah beberapa bulan kami melakukan persiapan untuk mendapatkan proyek tersebut, ternyata proyek tersebut diundur sehingga tidak ada yang mendapatkan proyek tersebut.

Walaupun kami tidak mendapat proyek tersebut kami sangat bersyukur, karena dengan mengejar untuk mendapatkan proyek tersebut kami telah banyak mempersiapkan diri, banyak perubahan yang terjadi di internal baik itu pengembangan produk maupun bisnis flow di dalam Andal. Setelah beberapa bulan berjalan kami mendapatkan proyek yang lebih kecil dari proyek yang ditunda, tetapi masih besar dari segi nilai, walaupun lebih kecil bila dibandingkan dengan yang ditunda. Berturut-turut kami mendapatkan proyek yang setara. Kalau dijumlahkan nilai proyeknya lebih besar dari total nilai proyek yang ditunda. Jadi saya sangat percaya kalau kita berpikir positif kita akan menemukan banyak kesempatan.

Pelajaran yang saya dapatkan
Bila saya berpikir negatif, maka setelah kami tahu tidak mendapatkan proyek yang pertama, kami dapat berpikir “wah ngapain kita perbaiki lagi kan proyeknya sudah tidak dapat”. Kami tidak akan berubah menjadi lebih siap lagi untuk menangani proyek yang lebih besar. Dengan berpikir bahwa proyek yang pertama tidak dapat, kami perlu bersiap diri agar dapat mengerjakan proyek yang lebih besar, seandainya kami dapatpun di proyek yang pertama, kami belum tentu siap untuk mengerjakannya.

Ternyata kalimat bijak di atas benar, dengan berpikir positif, kami menyiapkan diri agar bila ada proyek yang lebih besar kami akan siap dan setelah siap, ternyata proyek yang nilainya cukup besar mulai berdatangan. Dan dengan yakin kami dapat menjelaskan bagaimana proses bisnis untuk menangani proyek yang besar tersebut, karena kami dapat pengalaman dari proyek yang tidak didapatkan di awal, tetapi kami diberi banyak pelajaran untuk mendapatkan proyek yang besar. Sepertinya nilai proyek yang akan didapat dengan nilai pelajaran yang kami dapatkan jauh lebih besar dari nilai pelajaran yang kami dapatkan, karena dari pelajaran tersebut kami mendapatkan proyek-proyek lain yang nilainya jauh lebih besar, dan kami semua yakin dapat menyelesaikannya.

 

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

16 Jan 2020 | 1018
24 Jan 2020 | 800