rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Mengapa Orang Menjadi Miskin ?

Mengapa Orang Menjadi Miskin ?

Pada suatu ketika ada seorang pengemis yang bertemu dengan seorang bijak, dan Si pengemis mengatakan bahwa nasibnya memang menjadi pengemis. Kemudian Si orang bijak itu mengatakan “Kamu menjadi pengemis karena kamu selalu meminta dan tidak pernah memberi”. Kemudian Si pengemis menjawab bahwa dirinya tidak punya apa-apa sehingga tidak ada yang dapat diberikan. Si orang bijak berkata lagi pada Si pengemis “Kamu mempunyai banyak hal yang dapat diberikan”.

Setelah saya mendengarkan cerita tersebut di atas, saya mulai melakukan kilas balik dan bertanya dalam diri saya, apa hubungannya antara kemiskinan dan meminta, kemakmuran dan memberi. Cerita di atas pesannya sangat jelas bahwa pengemis tersebut hidupnya miskin karena selalu meminta, tidak pernah memberi dan nasehat Si orang bijaksana mengatakan bahwa hidup itu harus memberi. Bahkan dengan perkataan Si orang bijak yang mengatakan “Kamu tidak pernah memberi”.  Ini sangat jelas sekali dan Si pengemis menjawab “Saya tidak punya apa-apa yang harus kuberikan”.

Dari jawaban Si pengemis, saya dapat merasakan bahwa dia merasa dirinya tidak punya apa-apa, dan pengertian tidak punya apa-apa ini akan berdampak besar terhadap kehidupan Si pengemis yang sudah pasti sulit untuk mengubah nasibnya.

Cerita tersebut di atas dapat saya hubungkan dengan tanaman, setiap tanaman yang dapat memberikan kenikmatan pada manusia pasti harganya mahal dan banyak dicari serta banyak ditanam. Kalau saya menanam pohon mangga dan buah mangganya itu enak rasanya, maka saya dengan senang memberikan buah mangga tersebut ke teman-teman saya dan teman saya yang memakan mangga itu merasa enak. Mungkin teman saya ingin punya pohonnya sendiri, sehingga bijinya ditanam.

Pohon mangga yang buahnya enak, nilainya akan menjadi tinggi, dan banyak orang yang mau menanam atau menikmati buahnya. Tetapi pohon mangga yang buahnya asam, tidak punya nilai, tidak banyak disukai orang.

Hukum ini juga berlaku untuk manusia, kalau saya melakukan refleksi terhadap diri saya dan sekeliling saya, ada teman yang dengan mudah mendapatkan proyek atau pekerjaan tetapi ada juga teman yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

Apakah benar bahwa kita hidup tidak mempunyai apa-apa ?, setiap manusia pada saat lahir sudah diberikan kekayaan yang berlimpah, kekayaan tersebut berupa waktu, tenaga dan pikiran, setiap manusia kalau mau mengasah dirinya pasti akan memiliki keterampilan yang dapat diberikan pada orang lain. Tetapi semua kekayaan yang ada dalam diri kita perlu digali dan pada saat menggali kekayaan yang ada dalam diri kita, pasti akan mengalami tantangan demi tantangan, kalau tidak berani menghadapi tantangan kita tidak akan dapat menggali potensi diri kita. Pada saat potensi diri kita dapat digali terus menerus sehingga kita mempunyai keterampilan yang dapat membuat orang lain senang maka kita akan menjadi makmur dengan sendirinya.

Pelajaran yang saya dapatkan
Untuk mencapai kemakmuran yang perlu dipikirkan bukan mencari uang yang banyak, tetapi apa yang bisa saya berikan yang lebih baik lagi. Hal ini juga berlaku di dalam perusahaan, dalam mengembangkan Andal Software kami mempunyai misi helping others grow, artinya kita harus bisa memberikan untuk orang lain agar mereka bisa bertumbuh dan berkembang.

Bagaimana kami dapat membuat produk yang baik sehingga pada saat digunakan dapat mengurangi biaya perhitungan payroll, bagaimana team support Andal Software dapat memberikan pelayanan sehingga customer dapat menyelesaikan masalahnya. Jadi kami fokuskan apa yang dapat kami berikan kepada customer, agar yang kami berikan mempunyai manfaat yang besar. Dan apa yang kami lakukan selama ini, memang membuahkan hasil, sales kami selalu meningkat dari tahun ke tahun dengan peningkatan yang luar biasa.

 

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

16 Jan 2020 | 1018
24 Jan 2020 | 801