rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Membangun Manusia

Membangun Manusia

Zig Ziglar seorang salesman dan motivational speaker yang cukup dikenal, mengatakan “You don’t build business, you build people and then people build business”, sudah lebih sepuluh tahun yang lalu, saya baru menyadari bahwa untuk membangun perusahaan yang selalu berkembang harus membangun manusianya. Sejak saat itu saya mulai belajar bagaimana caranya membangun manusia, pada saat saya mulai mempelajari untuk membangun manusia, yang paling utama adalah kitanya sendiri. Bagaimana kita dapat mengembangkan manusia kalau kitanya sendiri tidak bertumbuh.

Seperti John C Maxwell dalam bukunya yang berjudul 5 level of leadership, di tingkat ke empat adalah people development, dikatakan bahwa seorang leader yang sudah mencapai ke level 4, fokusnya sudah bergeser dari pencapaian hasil oleh pengikutnya, menjadi menggali potensi diri dari para pengikutnya. Setelah mengetahui bagaimana seorang leader harus dapat menggali potensi dari para pengikutnya, maka misi Andal Software menjadi “Helping Others Grow”.

Pertanyaannya adalah bagaimana potensi seseorang dapat digali ? hal yang paling sulit dalam menggali potensi seseorang adalah menyiapkan lingkungan. Seperti memelihara ikan, yang perlu dipersiapkan adalah aquarium yang cocok untuk ikan yang akan kita pelihara. Dalam perusahaan atau organisasi untuk dapat menggali potensi seseorang perlu lingkungan yang baik, membangun lingkungan ini yang biasa disebut company culture.

Membangun kerjasama antar team merupakan hal dasar yang perlu dibangun, dengan kerjasama yang baik, akan menghasilkan pekerjaan yang baik pula. Sebagai contoh kecepatan team support dapat menyelesaikan masalah yang komplek yang terjadi di customer diperlukan pengetahuan produk yang sangat dalam. Peranan product manager dan developer dalam membantu menyelesaikan pada team support akan sangat besar sekali.

Pada saat team sales bertemu dengan calon pelanggan yang tertarik untuk menggunakan aplikasi dari Andal Software, maka kami akan mengevaluasi terlebih dahulu apakah aplikasi ini cocok dengan kebutuhan calon pelanggan tersebut. Pada saat diskusi biasanya produk manager akan terlibat, dan dia dapat memberikan saran pada team Business Analyst.

Kerjasama antar team yang baik akan meningkatkan pengetahuan dari masing-masing departemen, dan pada akhirnya akan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Untuk menggali potensi seseorang kita harus mempunyai ekspektasi yang tinggi bahwa orang tersebut bisa dibantu untuk menggali potensi dirinya. Tetapi sebelum bercerita menggali potensi diri seseorang, kita harus mulai dari rekruitment, karena memang ada orang-orang tertentu yang sudah merasa nyaman sehingga sulit untuk menggali potensi diri mereka.  

Menggali potensi diri seseorang seperti mengajarkan pada anak supaya dapat mandiri, setiap orang punya kemampuan yang berbeda, dan setiap orang mempunyai keunggulan yang berbeda pula. Kita sebagai leader perlu mengenali kemampuan atau potensi dari setiap orang.

Orang tua yang suka mendikte anaknya, sehingga anak tersebut diharapkan sesuai dengan apa yang digambarkan, akan membuat anak tersebut tidak berkembang. Karena memang kemampuan anak tidak sama dengan kemampuan ayahnya atau ibunya. Pada saat anak masih kecil, kita harus selalu mendorong untuk mengembangkan apa yang disukai oleh si Anak. Terlepas orang tuanya suka atau tidak, banyak terjadi pada saat seseorang menjadi dewasa hidupnya penuh dengan penyesalan yang disebabkan karena dia tidak mendapatkan kebebasan dalam menentukan masa depannya.

Di Andal selalu memberikan kesempatan pada setiap Andalers untuk memberikan pendapat dan mengerjakan sesuai dengan apa yang dipikirnya lebih baik. Biasanya saya banyak bertanya apa yang dia ingin lakukan, dan mengapa dia melakukan seperti itu. Saya sering memberikan pertanyaan-pertanyaan, dengan banyak bertanya maka saya akan mengerti apa yang dipikirkan dan mengapa dia berpikir seperti itu. saya dapat memberikan saran sesuai dengan apa yang dipikirkan untuk bisa lebih baik lagi, kalau saya tidak tahu dengan apa yang akan dihasilkan maka saya minta dia mencobanya. Dengan mencoba dan mungkin mengalami masalah, maka dia akan belajar banyak.

Pelajaran yang saya dapatkan
Pada awalnya membangun usaha saya berfokus pada bagaimana mengembangkan usaha ? setelah lebih dari sepuluh tahun di lalui ternyata untuk membangun usaha yang selalu berkembang yang perlu dibangun bukan usahanya melainkan manusianya.

Untuk dapat membangun manusia di dalam suatu usaha tentunya kita sebagai pendiri atau CEO juga harus selalu bertumbuh dan berkembang. Bila kita berhenti maka semuanya akan berhenti dan menjadi stagnan.

Saya baru mengerti ucapan Suphat seorang anak muda dari Thailand yang mempunyai usaha yang besar dan ada di beberapa negara, pernah ditanya, mengapa dia sudah punya usaha yang begitu besar, tapi masih terus mengembangkan usahanya apakah itu tidak cukup ?. Dan dia mengatakan bahwa bila dia berhenti untuk mengembangkan, maka semuanya akan berhenti dan dia merasa kasihan terhadap potensi orang-orang yang ada di dalam organisasinya.

 

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 

 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

16 Jan 2020 | 1018
24 Jan 2020 | 801