rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Apakah Ada Yang Kekal

Apakah Ada Yang Kekal

Seperti tulisan saya minggu lalu yang berjudul di dunia ini tidak ada yang kekal dan saya masih merenungkan terus dengan pertanyaan apakah ada yang kekal di dunia ini? Ternyata jawabnya ada, yaitu tujuan kita dilahirkan di dunia ini. Mengapa kita ada di dunia ini? Apa tugas kita selama di dunia ini? Saya yakin sang pencipta telah menciptakan kita di dunia ini dengan tujuan tertentu dan setiap orang mempunyai tujuan yang berbeda-beda.

Renungan ini muncul pada saat saya bertemu dengan teman saya yang menanyakan, mengapa bisa membangun perusahaan software, padahal latar belakang pendidikannya elektro? Saya mulai merenungkan kembali kenapa saya bisa masuk ke dunia komputer yang tidak sama dengan latar belakang pendidikan saya.

Saya mulai kuliah tahun 1975, yang punya komputer perusahaan-perusahaan besar seperti pertamina, Pemda DKI. Pada saat tingkat 3 sekarang namanya semester 5 dan 6, saya diajarkan bahasa komputer FORTRAN untuk menghitung rumus-rumus matematika. Saya suka sekali dengan membuat program dengan bahasa FORTRAN. Setelah saya menyelesaikan skripsi saya, ternyata saya tidak dapat ujian skripsi karena nama saya tidak tercantum di dalam daftar ujian. Akibatnya saya harus menunggu satu tahun lagi untuk ujian. Selama saya tidak kuliah setahun dan kebetulan saya ditawarkan untuk kursus COBOL, karena saudara saya membeli komputer mini untuk mengelola perusahaannya.

Saya semangat sekali belajar komputer dengan bahasa COBOL dan mulai belajar programming untuk membuat aplikasi perusahaan dengan bimbingan dari perusahaan penyedia mini komputer. Karena saya bisa programming, saya diminta untuk mengajar di kursus yang akan menjadi cikal bakal BINUS. Dari mengajar di kursus tersebut, akhirnya saya membuat kursus sendiri dengan pasar sekolah. Pada saat mau mengembangkan kursus komputer lebih besar lagi, saya melihat bahwa kursus komputer umurnya tidak panjang dan pada saat itu pula saya mulai membangun perusahaan software.

Kalau saya melakukan flashback kehidupan saya, bagaimana saya mulai usaha software sepertinya mengalir begitu saja dan seperti ada yang mengarahkan. Tentunya melakukan usaha software bukanlah sebagai tujuan utama. Usaha merupakan cara atau tujuan perantara untuk mencapai tujuan yang sebenarnya, saya dilahirkan untuk menunaikan tugas apa di dunia ini?

Pelajaran yang saya dapatkan
Setiap orang dilahirkan mempunyai tugasnya masing-masing dan tugas yang diberikan pada kita oleh sang pencipta yang harus kita cari. Tentunya tugas yang diberikan oleh sang pencipta bukanlah hal-hal duniawi, bukan juga untuk kesombongan diri atau memegahkan diri. Tugas yang diberikan pasti untuk kebaikan manusia lainnya.

Saya merasakan bahwa saya diberikan kemampuan untuk mengembangkan orang lain, maka saya terus berlatih bagaimana caranya membantu orang-orang terutama yang ada di sekelilingku untuk mempunyai kehidupan yang lebih baik.

Kesulitan-kesulitan yang dihadapi pada saat mengembangkan orang lain, akan memberikan pengalaman kepada saya sendiri untuk dapat mengembangkan orang lain lebih baik lagi. Andal Software ada, sebagai sarana untuk mengembangkan orang-orang yang ada di dalam Andal Software. Sehingga pada saat ada orang yang punya potensi untuk dikembangkan lagi keluar dari Andal Software, saya hanya bertanya apa yang akan dilakukan? Apakah sudah dipikirkan dengan baik? Kalau sudah yakin dalam pengambilan keputusan untuk meninggalkan Andal Software, dengan senang hati saya melepaskannya.

Saya merasa bahwa di dalam kehidupan ini yang tidak berubah adalah misi kita di dalam hidup ini dan misi kita ini harus kita cari. Bila kita mendapatkan misi yang harus kita emban, saya yakin sekali bahwa kita tidak akan kekurangan.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

16 Jan 2020 | 1051
24 Jan 2020 | 819