rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Peluang yang Tidak Terlihat

Peluang yang Tidak Terlihat

Pada suatu saat saya berbincang dengan teman saya yang sedang memulai usaha barunya di bidang konsultan. Target market konsultasinya adalah anak muda, bagaimana sebagai anak muda untuk dapat menggali potensi yang ada di dalam dirinya. Karena menurut teorinya semua orang memiliki potensi di dalam dirinya, kalau setiap orang dapat menggali apa yang ada di dalam dirinya, tentunya keberhasilan seseorang akan menjadi lebih besar. Untuk berhasil tentunya tidak hanya tergantung dari potensi dirinya, tetapi banyak hal yang perlu dilatih di dalam dirinya agar dapat berhasil didalam hidup.

Setelah saya mendengarkan penjelasan tentang konsep konsultasinya, saya melihat sesuatu hal yang bagus di dalam konsultasi yang akan dikembangkan. Berikutnya saya tanya bagaimana caranya memperkenalkan konsep tersebut kedalam target pasar yang telah ditentukan. Banyak sekali ide yang diceritakan ke saya, untuk dapat mengeluarkan ide yang cukup banyak, bagaimana caranya memperkenalkan program tersebut ke pasar yang telah ditentukan, memang tidaklah mudah. Berikutnya saya tanyakan, mana diantara ide-ide tersebut yang paling mudah dikerjakan? Dia menyebutkan bekerja sama dengan lembaga pendidikan.

Setelah beberapa bulan kemudian saya bertemu kembali, dia mulai bercerita tentang ide baru bagaimana caranya untuk mendapat calon customer, kemudian saya tanyakan kembali bagaimana dengan rencana ke lembaga pendidikan. Dia juga mulai bercerita tentang satu lembaga pendidikan yang sudah mau memberikan kesempatan memperkenalkan konsulatasinya ke anak didik di lembaga pendidikan tersebut. Saya katakan pada dia, sebaiknya fokus dengan apa yang paling mudah untuk dikerjakan terlebih dahulu, di dunia bisnis disebut sebagai low hanging fruit, ide bekerja sama dengan lembaga pendidikan harus ditekuni, nanti akan bertemu dengan banyak penolakan, dan kesulitan yang lainnya. Penolakan dan kesulitan yang akan dihadapi akan mengasahkan kemampuannya sehingga dapat memperbaiki cara pendekatan ke lembaga pendidikan lainnya.

Cerita diatas sangat menarik untuk dipelajari, hal tersebut banyak sekali terjadi di antara anak anak muda yang sedang memulai usahanya. Yang paling sulit didalam membangun usaha adalah melaksanakan ide yang sudah ada kemudian dilakukan untuk mewujudkan ide tersebut. Saya sering sekali mendengarkan seseorang yang mempunyai ide, kemudian sangat bersemangat sharing ide tersebut, setelah beberapa waktu kemudian tidak terdengar lagi idenya.

Kegagalan yang paling sering dihadapi oleh pengusaha yang sudah mapan sekalipun adalah eksekusi ide menjadi kenyataan. Biasanya ide-ide yang keluar begitu saja mengalir dari pemikiran kita, pada saat ide tersebut keluar biasanya kita akan semangat karena ada sesuatu yang baru. Tetapi sesuatu yang baru hanya menarik sesaat saja, agar ide dapat bertahan lama, ide tersebut harus dikaitkan dengan tujuan atau cita-cita seseorang. Apakah ide tersebut dapat membawa ke cita-citanya? Kalau tidak maka ide tersebut tidak mempunyai nilai yang tinggi dalam seseorang, akibatnya sangat mudah terlewati.

Pelajaran yang saya dapatkan
Begitu banyak ide yang keluar dari pemikiran kita, tetapi sering sekali ide tersebut hilang sebelum mulai dilakukan eksekusi, atau ide tersebut terus melekat dipikiran kita tetapi tidak dapat diekseskusi. Biasanya seseorang bisa mendapatkan ide pada saat seseorang itu mempunyai masalah dan ingin menyelesaikannya, maka ide dapat muncul di dalam pemikirannya. Ide yang muncul dari pemikiran kita perlu dilakukan pengkajian yang lebih dalam, tetapi sebelum dilakukan pengkajian kita perlu mengkaitkan ide tersebut ke tujuan di dalam hidup kita. Tujuannya adalah membuat ide tersebut mempunyai daya ungkit yang besar agar kita bisa mencapai tujuan hidup kita.

Karena ide-ide yang ada bisa jadi dibunuh sebelum ide tersebut menjadi kenyataan, pembunuhan ide bisa terjadi karena cara berpikir kita, yang bisa juga mengatakan “kalau untuk menjalankan ide seperti itu saya tidak bisa, nggak punya cukup uang, nggak punya cukup kemampuan” dan alasan-alasan lainnya. Kalau memang ide tersebut timbul kemudian dapat menjadi sarana untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi atau dapat membawa ke impian kita, maka ide tersebut perlu dikaji lebih mendalam lagi, sehingga dapat dijalankan.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

05 Jul 2019 | 2005
26 Jun 2019 | 1655