rss

Artikel Pengembangan Diri | Payroll Software

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Menyalahkan Orang Lain

Menyalahkan Orang Lain

Sering kita temui orang yang suka menyalahkan orang lain. Bahkan ada orang yang tahu dirinya yang salah, tetapi masih menyalahkan orang lain. Dulu saya juga sering menyalahkan orang lain, tujuannya adalah agar saya tidak disalahkan. Sebetulnya apa yang terjadi pada saat seseorang menyalahkan orang lain? Dengan menyalahkan orang lain, maka orang tersebut tidak pernah akan melakukan refleksi apa yang harus dilakukan agar tidak terjadi kesalahan yang sama. Seseorang yang tidak pernah melakukan refleksi diri akan sulit untuk mengembangkan dirinya, bisa jadi orang tersebut tidak akan pernah bertumbuh.

Pertumbuhan seseorang terjadi kalau orang tersebut mau belajar, baik belajar dari pengalaman, maupun belajar dari kesalahan. Yang sering saya alami adalah belajar dari kesalahan akan lebih cepat, karena pada saat saya mengalami kesalahan pasti akan membekas cukup lama. Sesuai dengan misi di Andal Software, maka Andalers tidak boleh menyalahkan orang lain. Jika ada suatu kesalahan pasti akan ditanyakan bagaimana jalan keluarnya untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Kita tidak pernah mencari siapa yang salah. Kami lebih tertarik pada mengapa kesalahan itu bisa terjadi, dengan tahu mengapa biasanya kita dapat memperbaiki agar di masa yang akan datang tidak terjadi lagi. Tetapi yang paling utama adalah mencari jalan bagaimana dapat memperbaiki sesuatu yang salah.

Pernah terjadi di customer yang menyalahkan tim di Andal karena sistem mereka terkena virus sehingga datanya rusak. Bukannya customer tersebut mencari cara yang paling cepat agar datanya dapat kembali sehingga transaksi dapat berjalan lagi. Tetapi sibuk untuk mencari siapa yang salah. Untuk memikirkan bagaimana caranya agar datanya dapat kembali dan dapat bekerja lagi lebih penting dibandingkan dengan mencari siapa yang salah. Waktu yang digunakan untuk mencari kesalahan, lebih baik jika digunakan untuk memperbaiki data. Maka waktu downtime dari sistem akan semakin pendek artinya kerugian akan menjadi minimal.

Ketika sistem tidak berjalan dalam jangka waktu yang lebih lama, downtime dari sistem menjadi lebih lama lagi, dan biayanya akan menjadi lebih besar. Beberapa tahun yang lalu saat sistem di Andal belum teratur, ada seorang programmer menghapus program yang ditulis berada di server. Akibatnya harus menulis ulang dan memerlukan waktu ekstra untuk menyelesaikan pekerjaannya. Pada saat itu saya langsung mencari backup terakhir yang dimiliki. Backup tersebut dikembalikan ke dalam server, dan Si programmer disuruh melanjutkan pekerjaannya dari hasil backup. Tetapi dari kejadian tersebut, kami mengubah policy untuk melakukan akses ke server, dan mencari software untuk pengembangan secara tim.

Akhirnya sistem di Andal menjadi lebih baik dengan adanya kecelakaan tersebut. Seandainya tidak terjadi hal tersebut mungkin sampai jumlah programmer yang banyak tidak menggunakan software developer tools untuk satu tim. Dikarenakan kesalahan yang terjadi, banyak hal yang dapat diperbaiki dari sistem yang ada sekarang di Andal Software. Apakah dengan mentolerir orang berbuat kesalahan, tidak akan terjadi bahwa Andalers akan banyak berbuat kesalahan. Anehnya memang dengan mentolerir kesalahan, ternyata kesalahan yang dibuat justru kecil sekali. Setiap kesalahan yang dilakukan oleh tim, maka Manager atau saya akan segera mengetahui kesalahan tersebut.

Pelajaran Yang Didapatkan
Kesalahan dapat digunakan untuk memperbaiki sistem, dan banyak sekali pelajaran yang didapatkan dari kesalahan yang terjadi. Seseorang yang suka menyalahkan orang lain, maka dia tidak akan pernah belajar dan tidak akan pernah memperbaiki diri karena kesalahannya dilempar ke orang lain. Saya melihat ada perusahaan yang kalau karyawannya berbuat salah akan langsung dihukum dengan cara potong gaji atau hukuman yang lainnya. Akibat dari hukuman tersebut karyawannya akan dengan mudah menyalahkan yang lainnya. Sehingga akan terjadi saling lempar siapa yang berbuat salah. Kalau ini terjadi di dalam organisasi, maka kerja sama kelompok di perusahaan tersebut menjadi sangat lemah.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest