rss

Artikel Pengembangan Diri | Payroll Software

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Belajar Dari Pohon Kurma

Belajar Dari Pohon Kurma

Setiap memasuki bulan Ramadhan pasti banyak penjual kurma. Kita bisa membeli bermacam-macam kurma, dari harga yang murah hingga yang mahal. Tetapi saya baru tahu bahwa menanam pohon kurma dari biji sangatlah unik. Pada saat biji ditanam kemudian diberikan batu di atasnya sehingga pada saat kecambah pohon kurma mulai bertumbuh, kecambah tersebut tidak bisa naik ke permukaan tanah. Perjuangan yang keras bagi Si kecambah untuk dapat naik ke permukaan hampir tidak mungkin tercapai, tetapi apa yang terjadi pada saat kecambah tersebut tidak bisa naik ke atas. Akar kecambah tersebut bertumbuh sangat kuat ke dalam. Setelah akarnya cukup kuat maka batu-batu disingkirkan. Akhirnya pohon kurma akan bertumbuh ke atas dengan kuat dan cepat karena akarnya sudah cukup besar untuk mengambil makanan yang ada di dalam tanah.

Pada saat saya tahu bahwa untuk bertumbuh, pohon kurma harus berjuang melawan batu yang menghalangi biji kurma untuk naik ke atas. Kalau tidak ada batu akan dimakan oleh unta. Saya mulai merefleksikan diri tentang kehidupan, dan juga membayangkan teman-teman saya yang pada saat saya kecil hidupnya tidak terlalu beruntung. Teman-teman yang saya lihat pada saat itu sangat beruntung karena mempunyai kehidupan yang sangat nyaman. Banyak juga dari teman saya yang pada saat masih kecil dulu, saya anggap kurang beruntung. Namun sekarang kehidupannya banyak yang mempunyai usaha sendiri, kalaupun mereka bekerja masih mempunyai karir yang bagus.

Kesulitan hidup pada masa kecil, membuat teman-teman saya tersebut belajar tentang kehidupan mulai dari kecil. Bagaimana dia bisa berteman dan bagaimana mereka belajar untuk mendapatkan peluang usaha. Kesulitan yang dihadapi oleh seseorang biasanya akan memberikan pelajaran pada orang tersebut untuk bertumbuh. Pertumbuhan yang terjadi di dalam diri seseorang biasanya tanpa disadari oleh orang tersebut. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh seseorang dapat membangun dirinya untuk menjadi lebih. Seharusnya pada saat menghadapi kesulitan tersebut seseorang harus bersyukur, dengan bersyukur maka beban yang dihadapi akan jauh berkurang.

Pertanyaan yang sering muncul seperti pada saat awal saya merasakan kesulitan atau masalah dalam diri saya. Saya merasa mengapa beban hidup ini berat sekali?. Setelah saya belajar ternyata permasalahan yang kita dapatkan justru membuat kita lebih kuat lagi. Dengan demikian pada saat saya mendapatkan kesulitan, pertanyaannya adalah pelajaran apa yang saya dapatkan dari masalah ini. Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana untuk mengatasi masalah ini, apakah solusi yang bisa kita dapatkan untuk mengatasi masalah ini?. Setelah mendapatkan cara untuk mengatasi masalah tersebut, maka saya akan fokus pada solusi tersebut. Kalau semuanya sudah terselesaikan saya bisa merenung kembali, untuk bersyukur dengan apa yang telah kita alami.

Pelajaran Yang Didapatkan
Masalah juga dapat terjadi karena diri kita yang membuat permasalahan itu timbul. Misalnya pada saat ada perusahaan yang tertarik untuk menggunakan software Andal, dan perusahaan tersebut mempunyai permintaan untuk fungsi-fungsi tertentu. Padahal di software Andal tidak bisa tetapi agar mendapatkan proyeknya maka saya mengatakan bisa kita buatkan. Ternyata pada saat mulai membuat fungsi tersebut ternyata rumit dan sulit untuk dikerjakan. Akhirnya proyek tidak selesai dalam waktu yang telah ditentukan. Masalah ini terjadi karena kita tidak mengatakan yang sebenarnya kepada calon customer bahwa fungsi tersebut belum ada. Dalam kehidupan sehari-hari sering sekali terjadi masalah yang datang karena kita sendiri yang membuat masalah tersebut.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

12 Oct 2018 | 1101