rss

Artikel Pengembangan Diri | Payroll Software

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Persatuan Untuk Menuju Kemakmuran

Persatuan Untuk Menuju Kemakmuran

Saya sering bertanya mengapa Indonesia bisa dijajah Belanda selama 350 tahun, padahal negara Belanda sendiri sangat kecil sekali dibandingkan dengan Indonesia. Menurut saya Belanda mempunyai strategi yang sangat luar biasa. Selama menjajah Indonesia dulu negara Belanda banyak membawa kekayaan Indonesia yang berupa hasil bumi ke negara mereka untuk dijual ke negara lain dengan keuntungan yang sangat besar. Belanda memecah belah rakyat seperti orang Indonesia yang bekerja di bawah pemerintahan Belanda akan mendapatkan suatu keistimewaan. Kemudian orang Cina diberikan wilayah tersendiri, itu sebabnya banyak kota-kota di Indonesia mempunyai pecinan, atau kampung Cina.

Dengan memecah belah rakyat Indonesia pada saat itu, maka orang Indonesia tidak lagi mempunyai kekuatan untuk melawan Belanda. Walaupun dari segi jumlah warganya akan jauh lebih besar dari orang Belanda yang ada di Indonesia. Belanda dapat dikalahkan oleh Indonesia karena rakyat Indonesia pada saat itu bersatu padu. Persatuan ini digagas oleh para pemuda Indonesia yang mempunyai cita-cita untuk meraih kemerdekaan.

Para pemuda yang tergabung dalam Jong Java, Jong Celebes, Jong Sumatra, ada Kaum Pemuda Betawi bersatu untuk memperjuangkan kemerdekaan. Akhirnya pada tahun 1945 di bulan Agustus, Negara kesatuan Indonesia diproklamirkan oleh Presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno dan Hatta. Ketika para pemuda bersatu untuk satu tujuan yang sama, yaitu melepaskan diri dari penjajahan, mereka tidak lagi melihat latar belakang suku, ras dan agama. Mereka bersatu saling bahu-membahu untuk memperjuangkan sesuatu yang nilainya jauh lebih berharga dibandingkan dengan membangun kesukuan, atau keagamaan yang sama.

Pada saat membangun perusahaan dapat mempelajari berdirinya suatu negara. Bagaimana negara yang kuat dibangun dan bagaimana negara yang sampai sekarang rakyatnya masih sangat miskin. Biasanya negara masih mengkotak-kotakan warganya, mereka tidak akan maju. Di perusahaan saya juga sering lihat bahwa dalam membangun perusahaan para pemimpin secara sengaja atau tidak membuat konflik antar departemen, bahkan antar individu. Yang terjadi pada saat karyawan bekerja mereka tidak dapat fokus pada cita-cita atau tujuan perusahaan, karena mereka setiap harinya sudah disibukkan dengan pekerjaan yang membuat satu sama lain tidak dapat bekerja sama. Saya melihat di perusahaan bila pemimpinnya lemah atau mementingkan dirinya sendiri, maka akan terjadi office politicking yang sangat kental.

Bahkan saya pernah mendengar pada saat saya bertemu dengan beberapa top leader suatu perusahaan mengatakan bahwa pengawasan dapat dilakukan dengan mudah. Caranya adalah membuat pengawasan antar departemen. Awalnya saya memang percaya dengan apa yang mereka katakan, bahwa kalau sebagai leader membuat antar departemen bisa saling mengawasi, maka bisa terjadi satu departemen mulai menjelek-jelekkan departemen lainnya, hanya untuk mencari muka agar departemennya dianggap yang paling hebat.

Andal Software mempunyai aturan yang sangat sederhana tetapi harus ditaati oleh siapa saja yang menjadi Andaler. Kalau suatu aturan mempunyai pengecualian, maka aturan itu sendiri tidak efektif. Kerja sama antar team dan antar departemen diperkuat, sehingga di setiap perbincangan biasanya mereka tidak ada waktu lagi untuk membicarakan teman lainnya dengan hal-hal yang tidak baik. Membangun kultur perusahaan yang nyaman untuk bekerja, akan menumbuhkan kreativitas karyawan.

Pelajaran Yang Didapatkan
Dalam membangun perusahaan harus mempunyai leader yang berwawasan luas, dan mempunyai tujuan untuk memajukan perusahaan bukan untuk memajukan dirinya yang diutamakan. Kalau seorang leader di dalam perusahaan memikirkan kemajuan perusahaannya dengan mengembangkan karyawan yang ada di dalam perusahaan tersebut, maka kemajuan perusahaan akan cepat. Tentunya dengan cepatnya kemajuan perusahaan maka kemakmuran akan didapatkan juga untuk karyawannya.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

29 Jun 2018 | 1164