rss

Artikel Pengembangan Diri | Payroll Software

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Menghasilkan Karya Besar

Menghasilkan Karya Besar

Saya sangat mengagumi orang-orang yang dapat membangun usaha dari nol hingga menjadi sesuatu yang besar. Diantaranya adalah Bill Gate pendiri Microsoft, Steve Job pendiri Apple, Howard Schultz pendiri StarBucks, dan di Indonesia ada Om Williem pendiri Astra. Kalau saya membaca autobiografi dari buku-buku yang menulis tentang mereka, rata-rata dari mereka sangat peduli dengan orang lain, terutama orang-orang di sekelilingnya.

Buku Man of Honor yang ditulis oleh Teguh S Pambudi, bercerita banyak bagaimana Om Williem berjuang membangun Astra. Yang saya baca di buku itu, Om Williem sangat memperhatikan orang-orang kecil yang ada di dalam organisasinya. Membangun yayasan yang bertujuan untuk mensejahterakan karyawan astra. Setelah Bill Gate pendiri Microsoft meletakkan jabatannya sebagai CEO Microsoft. Dia bersama istrinya Melinda mendirikan Yayasan Bill and Melinda Gate yang bertujuan untuk memerangi penyakit yang mematikan anak-anak.

Bill Gate memberikan uangnya sebesar 5 milyar dolar untuk membantu research vaksin, dan memberikannya pada anak-anak yang kurang mampu di India dan di beberapa negara. Yayasan Bill dan Melinda Gate ini juga mendapatkan dana yang sangat besar dari Geoge Soros, sebesar 18 Milyar dolar. Yang lebih mengherankan lagi buat saya adalah Howard Schultz. Saya banyak membaca tentang starbucks, Baristanya sangat ramah. Kalau kita sering ke tempat starbucks, pasti Baristanya mengenal nama kita, dan mereka menyapa dengan nama.

Kemudian yang menjadi Barista biasanya mahasiswa dan bahkan ada yang sudah lulus S1 dan D3. Howard Schultza dapat mengangkat martabat pelayannya dengan nama Barista dan menjadi suatu pekerjaan yang mempunyai kelas tersendiri. Kalau saya perhatikan dan teliti lebih jauh dari perusahaan-perusahaan di atas mempunyai kesamaan yaitu memperhatikan dan mengembangkan orang-orang yang ada di dalam perusahaan tersebut. Dengan mengembangkan orang yang ada di dalam perusahaan, maka perusahaannya menjadi besar.

Pada suatu saat saya berbincang dengan salah satu teman pengusaha yang cukup besar, dan dia berpendapat bahwa kalau karyawan jangan terlalu diberi dan dimanjakan nanti melunjak akibatnya susah diatur. Memang benar kalau kita sebagai pengusaha berpendapat bahwa karyawan harus selalu dipantau pekerjaannya. Jika tidak, mereka tidak akan bekerja dengan baik. Maka kita akan mendapatkan karyawan yang seperti itu karena karyawan yang dapat bekerja secara mandiri tidak akan bertahan lama di lingkungan pekerjaan semacam itu.

Belajar dari perusahaan-perusahaan yang telah membuktikan, bahwa dengan memperhatikan dan mengembangkan karyawannya akan menjadi besar. Andal Software merasa yakin bahwa dengan mengembangkan karyawannya maka perusahaan akan berkembang dengan sendirinya. Memang banyak tantangan pada saat awal mulai mencanangkan misi Helping Others Grow. Pada saat itu sempat saya tidak yakin dengan apa yang sudah dijalankan. Tetapi setelah lebih sepuluh tahun menjalankan misinya, saya melihat perkembangan Andal Software mulai terlihat.

Pada saat meeting dengan tim manager serta dengan divisi, saya merasakan perbedaan yang cukup besar bila dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Banyak sekali inovasi baru yang didapatkan belakangan ini. Seandainya saya masih memikirkan sendiri semuanya, saya yakin saya tidak akan mampu untuk mendapatkan banyak inovasi seperti yang dialami sekarang ini.

Pelajaran Yang Didapatkan
Untuk mengembangkan perusahaan menjadi besar, yang paling utama kita harus membantuk tim yang kuat. Pembentukan tim yang kuat harus dimulai dengan mengembangkan orang-orang di sekeliling kita. Membangun tim inti memang tidak mudah, karena harus memilih orang yang cocok. Kemudian harus dikembangkan sehingga orang tersebut menjadi leader yang tangguh. Pada saat leader-leader yang tangguh sudah terbentuk, maka perkembangan organisasi akan cepat sekali.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

29 Jun 2018 | 941