rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Mencari Kebahagiaan

Mencari Kebahagiaan

Pada suatu hari teman saya yang sudah lama tidak bertemu, menelpon saya, dan mengajak bertemu. Tanpa saya bertanya banyak, lihat agenda dan ada waktu kosong, saya tawarkan waktu saya yang kosong tersebut. Setelah bertemu saya memang kaget, mukanya terlihat kusut menyiratkan banyak masalah. Di tengah pembicaraan itu dia mengatakan “Wah loe enak hidupnya, jadi bisa selalu ceria”. Kemudian saya balik bertanya : “Emang apa yang loe pikirin dan kerjakan?”

Mulailah dia bercerita bahwa dia selama lebih dari 15 tahun bekerja keras dengan tujuan untuk mengumpulkan uang agar dapat memberikan kehidupan yang lebih baik untuk keluarganya. Tetapi semakin dia bekerja keras semakin dia merasakan kekurangan uang. Dan yang paling dia sedihkan adalah hubungannya dengan anak dan istrinya tidaklah dekat, dia merasakan asing di dalam keluarga. Akhirnya dia menyimpulkan bahwa apa yang dia lakukan selama ini ada yang salah, akhirnya menanyakan pada saya “Menurut loe apa yang salah dari gua ?”

Saya mulai sharing, bahwa pada awal saya mulai berkeluarga, saya merasa bahwa mencari uang harus menjadi prioritas utama, karena memang tanpa uang keluarga tidak akan bisa menikmati banyak hal dan tentunya akan menjadi sumber masalah. Tetapi setelah saya banyak belajar dari banyak teman saya yang berhasil ternyata dalam kehidupan harus memiliki prioritas. Prioritas dalam hidup harusnya mulai dari Tuhan, keluarga baru bisnis.

Sejak mengetahui prioritas tersebut, saya mulai membaca kitab suci agar mengerti dan dapat melakukan apa yang diperintahkan dalam kitab suci tersebut, kemudian saya mulai meluangkan waktu bersama keluarga, entah itu sekedar keluar untuk makan bersama, atau di rumah ngumpul untuk berbagi cerita. Setelah beberapa lama saya melakukan kegiatan secara rutin, saya merasakan perubahan dalam diri saya, terutama bagaimana saya memperlakukan team saya di Andal Software.

Orang-orang di dalam team Andal Software tidak banyak berubah, tetapi saya merasakan perubahan yang terjadi, bagaimana kami saling berinteraksi, kerja sama antar team yang meningkat. Saya jadi teringat akan kata-kata yang pernah saya baca yang mengatakan bahwa :

A happy person is happy, not because everything is right in his life.
He is happy because his attitude towards everything in his life is right.

Orang yang bahagia, berbahagia bukan karena semuanya baik di dalam hidupnya, dia bahagia karena sikap dia terhadap segalanya dalam hidupnya benar. Kesimpulannya kebahagiaan bukan terjadi karena apa yang ada di lingkungan kita benar, melainkan sikap kita terhadap segalanya yang kita hadapi itu benar. Jadi sikap dalam menghadapi segala sesuatu dalam kehidupan ini, menjadi peranan penting dalam mencapai kebahagiaan.

Salah satu sikap untuk dapat mencapai kebahagiaan adalah rasa bersyukur, pengalaman dalam hidup saya yang sampai sekarang saya sangat mensyukuri adalah ketika Andal Software jatuh. Pada saat itu saya melihat bahwa penjualan Andal Software meningkat pesat, tetapi pada saat penjualan meningkat itulah Andal Software jatuh. Seandainya pada saat itu Andal Software tidak jatuh, mungkin Andal Software tidak seperti sekarang, karena cara mengelola Andal Software tentunya masih sama seperti dulu. Dan karena jatuh itulah saya belajar bahwa untuk mengelola perusahaan software yang lebih besar lagi tidak bisa dengan cara yang saya lakukan. Saya harus mengubah caranya, dan memang benar setelah caranya diubah, maka pelan tapi pasti Andal Software makin naik, hingga seperti sekarang ini. Memang pada saat itu saya pernah mengalami sudah tidak punya cara lagi untuk naik dari keterpurukan, yang saya lakukan adalah berpikir bagaimana caranya untuk naik lagi, saya sudah tidak memikirkan lagi masalahnya.

Dari pengalaman tersebut, saya belajar bagaimana caranya bersyukur dalam keadaan baik maupun tidak baik, saya percaya dalam keadaan tidak baik pasti ada pelajaran yang dapat saya ambil untuk mempersiapkan diri saya bisa naik lebih tinggi lagi. Pada saat seseorang dapat bersyukur dalam keadaan apapun, maka dia akan dengan mudah mendapatkan kebahagiaan, karena apapun keadaannya akan memberikan dampak yang positif dalam dirinya.

Pelajaran yang saya dapatkan
Kebahagiaan didapatkan bukan karena lingkungan atau orang lain, melainkan dalam diri sendiri. Karena kebahagiaan dalam diri kita merupakan pilihan. Rasa syukur adalah salah satu cara untuk menyikapi hal-hal yang kelihatannya kurang enak terjadi dalam diri kita, kalau kita dapat bersyukur dalam keadaan yang tidak baik sekalipun, maka kita akan dapat pelajaran yang sangat berharga untuk kita naik ke kehidupan yang lebih baik lagi.

 

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 

 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

16 Jan 2020 | 1018
24 Jan 2020 | 800