Artikel Pengembangan Diri | Payroll Software

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Latar Belakang Misi Andal “Helping Others Grow”

Latar Belakang Misi Andal “Helping Others Grow”

Saya membaca buku John C. Maxwell, salah satu penulis buku favorit saya di bidang leadership. Di dalam buku tersebut tertulis “Greatness is not found in Possesion, Power, Position or Prestige. It is discovered in goodness, Humility, and Service”. Awalnya saya tidak mengerti, karena yang saya tahu banyak sekali orang untuk mengejar kekuasaan seperti menjadi pemuka suatu partai, CEO, President direktur atau kekuasaan yang lainnya. Bisa juga ingin memiliki mobil mewah, rumah bagus, dengan maksud agar dilihat seperti besar.
Persisten Kunci Keberhasilan Dalam Usaha

Persisten Kunci Keberhasilan Dalam Usaha

Dalam setiap usaha pasti ada rintangan yang harus kita lalui. Saya belajar hal ini pada saat saya masih di SMP. Ketika saya ikut pramuka, setiap kegiatan camping selalu ada kegiatan yang disebut dengan mencari jejak. Kegiatannya adalah kita disuruh menyelusuri jalan yang akhirnya akan kembali ke tempat dimana kita berangkat. Di dalam perjalanan ada pos-pos jaga dan di setiap pos jaga ada permainan yang harus diselesaikan. Di dalam perjalanan antara satu pos dengan pos yang lain akan diberikan tanda-tanda bagaimana kita akan mencapai ke pos berikutnya.
Menjadi Ranting yang Bernilai

Menjadi Ranting yang Bernilai

Saat saya masih kecil, saya senang sekali dengan pohon mangga yang ditanam di halaman belakang rumah. Saya ingat benar itu mangga gedong dan pohonnya sangat rindang. Saya sering naik ke atas pohon dan dahannya bisa untuk tiduran atau duduk sambil menikmati mangga yang setengah matang. Ranting-ranting yang berbuah lebat biasanya adalah ranting yang masih menempel erat pada batang besar. Sedangkan ranting-ranting yang tidak kokoh menempel pada batang pohonnya menjadi kering dan lama-lama ranting tersebut akan mati.
Failure is not an Option

Failure is not an Option

Pada saat saya menemukan kalimat Failure is not an option, yang berasal dari Six Sigma. Yang digagas oleh Jack Welch saat ingin mengubah GE menjadi perusahaan yang lebih besar lagi. Dia mengatakan bahwa kesalahan yang ditolerir adalah bila tidak lebih dari 3.4 defect per satu juta. Di lain pihak saya sering mendengar bahwa kesalahan atau kegagalan adalah guru yang paling baik. Dua pernyataan ini sangat kontradiksi. Di sisi lain kesalahan merupakan guru yang paling baik, namun di sisi lain kesalahan tidak bisa ditolerir.
Kebahagiaan, bukan tujuan tapi keinginan

Kebahagiaan, bukan tujuan tapi keinginan

Banyak orang mengatakan bahwa kebahagiaan terjadi dari pikiran kita, karena pikiran itu yang mengatur badan kita. Pada awalnya saya tidak terlalu mengerti dengan pernyataan di atas dan cenderung tidak percaya. Kemudian pada suatu saat teman saya memberikan percobaan bahwa saya disuruh membayangkan bahwa saya sedang makan jeruk nipis. Kemudian yang terjadi adalah air liur saya keluar dengan deras, karena saya membayangkan bahwa saya makan sesuatu yang asam.
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest