rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Berkat di Balik Kepanikan Virus Corona

Berkat di Balik Kepanikan Virus Corona

Di dalam kehidupan selalu saja ada tantangan yang harus kita hadapi. Besar ataupun kecil masalahnya, kadang-kadang ukuran besar dan kecil suatu masalah menjadi relatif. Ada yang orang lain anggap itu masalah kecil, tetapi mungkin yang mengalami akan merasa berat sekali. Tetapi saya percaya di setiap tantangan yang kita hadapi selalu ada hikmat yang akan kita dapatkan. Pertanyaannya adalah hikmat apa yang akan kita dapatkan pada saat kita menghadapi tantangan yang ada. Saya merasa sulit sekali pada awalnya, ketika saya disuruh melihat berkat apa yang saya dapatkan pada saat saya mengalami kesulitan.

Di awal terjadinya wabah virus ini terjadi panic buying yang pada saat itu saya anggap biasa karena orang baru gajian. Itu yang saya perkirakan, tetapi setelah melihat di beberapa tempat terjadi panic buying, saya baru menyadari bahwa orang-orang khawatir dan melakukan panic buying. Pada saat panic ini mereka tidak memikirkan lagi orang lain yang dipikirkan adalah kecukupan supply makanan dan perlengkapan lainnya untuk keluarganya sendiri. Ternyata setelah diumumkan tidak perlu panic dan supply bahan makanan terus tersedia orang tidak panic lagi. Kalau seandainya panic buying ini berlangsung berhari-hari, saya sudah memastikan akan kekurangan supply karena waktu pengiriman tidak akan secepat orang yang membeli dan semakin kosong persediaan di toko, orang semakin panic dan akan terjadi chaos.Di awal terjadinya wabah virus ini terjadi panic buying yang pada saat itu saya anggap biasa karena orang baru gajian. Itu yang saya perkirakan, tepatapi setelah melihat di beberapa tempat terjadi panic buying, saya baru menyadari bahwa orang-orang khawatir dan melakukan panic buying. Pada saat panic ini mereka tidak memikirkan lagi orang lain yang dipikirkan adalah kecukupan supply makanan dan perlengkapan lainnya untuk keluarganya sendiri. Ternyata setelah diumumkan tidak perlu panic dan supply bahan makanan terus tersedia orang tidak panic lagi. Kalau seandainya panic buying ini berlangsung berhari-hari, saya sudah memastikan akan kekurangan supply karena waktu pengiriman tidak akan secepat orang yang membeli dan semakin kosong persediaan di toko, orang semakin panic dan akan terjadi chaos.

Dengan mengadakan pendekatan memberikan jaminan kepada rakyat bahwa supply cukup dan dibuktikan dengan adanya supply yang memadai, panic buying reda dan tentunya rakyat akan mendapatkan pelajaran yang berharga. Pelajarannya adalah kita harus dapat menghargai orang lain yang memang memerlukan barang tersebut. Persediaan untuk satu bulan di rumah tangga seharusnya sudah cukup. Dan melakukan stock untuk satu bulan kebutuhan rumah tangga seharusnya sudah menjadi bagian rutin, setiap gajian belanja bulanan untuk keperluan rumah tangga.

Virus ini penularannya sangat cepat dan kita tidak pernah tahu orang yang sedang kita ajak untuk berbicara itu sudah terkena virus atau belum, karena awalnya pasti tidak akan terlihat gejala apa-apa. Itupun sudah dapat menularkan virusnya, sehingga sekarang orang sudah mulai concern terhadap orang lain. Karena kalau orang lain terkena virus, dampaknya akan menyebar dan kemungkinan dirinya akan terkena virus juga akan semakin tinggi.

Yang saya amati setelah terjadinya wabah virus ini, saya melihat persatuan rakyat Indonesia semakin kuat, kita bahu-membahu untuk melawan virus corona. Dengan adanya musuh dari luar biasanya persatuan akan semakin kuat, seperti pada zaman sebelum merdeka rakyat bersatu untuk melawan penjajahan dengan tujuan merdeka. Tidak dilihat lagi apa suku, agama dan ras, semuanya mempunyai tujuan yang sama yaitu menuju Indonesia Merdeka.

Pelajaran yang saya dapatkan
Dalam keadaan di mana kita dihadapkan oleh sesuatu yang mengancam, baik itu virus sebagai penyakit yang mematikan atau musuh dari luar organisasi atau negara, maka anggotanya akan bersatu padu dalam menangani virus atau musuh dari luar organisasi.

Kerja sama antar kelompok bisa dilakukan untuk kepentingan yang sama yaitu memerangi musuh dalam bentuk virus atau dari organisasi lain. Dari tekanan-tekanan yang ada biasanya yang ditekan akan dapat menghasilkan orang-orang yang handal dan mungkin akan terjadi banyak penemuan baru. Dengan adanya covid-19 ini maka negara berlomba-lomba untuk membuat vaksin atau mencari obatnya.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

17 Apr 2020 | 1166
06 Apr 2020 | 986