rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Pengaruh Lingkungan Terhadap Kesuksesan Karir

Pengaruh Lingkungan Terhadap Kesuksesan Karir

Pada suatu saat saya pernah mendengar percakapan seorang anak yang baru lulus kuliah dan sudah mulai bekerja. Dengan bersemangat menceritakan tentang strategi dalam bekerja, dia mengatakan pada ayah dan ibunya, katanya kalau bekerja dan mau gajinya cepat naik, maka kerja di perusahaan selama 1 sampai 2 tahun, kemudian mencari pekerjaan di tempat lain, dan pada saat pindah maka gajinya akan naik, akhirnya akan mendapatkan gaji yang besar. Pemikiran seperti ini biasanya dia mendengar dari temannya yang baru pindah bekerja, dan dikasih tahu kalau pindah kerja pasti gajinya akan naik. Apakah dia pernah bertanya pada orang yang sudah 10 tahun bekerja dan sudah pindah 5 perusahaan? Mungkin kalau tanya sama orang yang sudah 10 tahun pindah kerja dengan pengalaman 5 perusahaan, jawabnya akan berbeda.

Saya sebagai pencari karyawan sebetulnya akan melihat, seandainya seseorang sering sekali pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain, apakah pada saat pindah ada kenaikan jabatan atau dengan jabatan yang sama. Kalau jabatannya sama, berarti yang dicari sebenarnya hanya kenaikan gaji saja, bukan karir. Tidak ada salahnya dengan bekerja setelah 2 tahun pindah cari pekerjaan baru, kalau dalam 2 tahun bisa belajar banyak, pasti punya kemampuan yang tinggi, dan pada saat pindah pekerjaan, pasti dia akan mencari jabatan yang lebih baik, dengan jabatan yang lebih baik sudah pasti gaji nya lebih besar. Jadi besarnya gaji yang didapatkan meningkat, bukan karena pindah pekerjaan semata, tetapi karena kemampuannya meningkat.

Tetapi kalau calon karyawan tersebut pindah-pindah kerja dalam waktu yang singkat, dan jabatannya hampir sama, artinya peningkatan kemampuannya tidak seberapa, hanya gajinya saja yang naik, kenaikan gajinya pun, saya yakin tidak terlalu besar. Banyak teman-teman saya yang bekerja sekarang ini sudah menduduki posisi yang cukup tinggi, hanya dengan tekun bekerja di satu tempat, tentunya harus berprestasi. Sehingga perusahaan menganggap bahwa orang tersebut adalah benar-benar aset perusahaan. Bila perusahaan sudah menilai bahwa orang tersebut sebagai aset perusahaan pasti nilainya akan naik, dan gaji akan mengikutinya.

Setiap perusahaan akan mempertahankan orang-orang terbaiknya, apalagi orang-orang yang dapat mengembangkan perusahaan tersebut. Karyawan seperti ini akan mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan karyawan yang sering pindah-pindah kerja. Tidak sedikit teman saya yang meniti karirnya hingga ke tingkat yang cukup tinggi, hanya dengan bekerja di satu perusahaan saja. Mungkin ada yang pindah tetapi selama karirnya paling juga 3–4 kali, pada saat seseorang bekerja cukup lama disuatu perusahaan maka karyawan tersebut akan belajar banyak hal, dan tentunya ilmu yang dipelajari akan semakin dalam sejalan dengan kenaikan jabatannya. Dan nilai dari seseorang adalah kedalaman ilmu yang dimiliki dibandingkan orang yang tahu banyak tetapi tidak dalam.

Pelajaran yang saya dapatkan
Apa yang diyakini oleh seseorang belum tentu berlaku untuk orang lain, saya dapat belajar dari siapa saja, tentunya yang dianggap pelajaran bukan saja ilmu yang saya dapatkan untuk dapat meniti karir saya naik, tetapi pengalaman orang lain kenapa dia gagal dalam menempuh cita-citanya. Kegagalan yang dihadapi orang lain juga menjadi pelajaran yang sangat berharga, sehingga kalau kita mengetahui maka kita tidak akan jatuh seperti yang telah dialami oleh teman kita itu.

Sehingga sangat penting untuk memilih teman dalam bergaul, kita ada di lingkungan seperti apa? Lingkungan kita harus selalu naik kelas juga, pada saat lingkungan kita berubah di kelas yang lebih tinggi, maka cara berpikir kita akan dipengaruhi oleh lingkungan tersebut. Tetapi bisa terjadi suatu lingkungan yang semuanya pejuang, maka setiap saat mereka akan naik kelas bersamaan, dan bila ada yang tertinggal, biasanya akan lepas dari lingkungannya.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

28 Mar 2019 | 2122