rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Apa Hubungan Pertumbuhan dan Turnover Karyawan

Apa Hubungan Pertumbuhan dan Turnover Karyawan

Beberapa puluh tahun yang lalu, saya suka berkebun, dan sedikit banyak saya mengerti tentang tanaman. Saya mulai menanam mangga dari hasil cangkokan, dan hasil cangkokan ini memerlukan waktu 3 – 5 tahun untuk dapat berbuah. Sebelum pohon mangganya besar, biasanya jarak antara pohon mangga yang sangat lebar dapat ditanam di tanaman yang umurnya pendek, seperti jagung, singkong, kacang tanah. Karena pada saat pohon yang besar menghasilkan buah, kebon tersebut dapat menghasilkan untuk pemeliharaan pohon mangga.

Pohon mangga yang baru ditanam daunnya tidak terlalu banyak, karena memang pohonnya juga masih kecil. Setelah disiram dan dipelihara, mulai tumbuh daun-daun baru, dari kecil kemudian menjadi daun yang berwarna hijau tua, daun yang berwarna hijau tua ini, dapat mengolah makanan yang didapatkan dari akar pohon dan disalurkan keseluruh pohon, sehingga pohon tersebut bisa menjadi besar. Daun daun yang berwarna hijau tua, lama kelamaan warnanya berubah menjadi kuning dan akhirnya jatuh ketanah. Jumlah daun muda yang bertumbuh dengan daun yang menjadi tua, akan lebih banyak daun muda yang bertumbuh dibandingkan dengan daun tua yang jatuh ke tanah. Tetapi kalau daun yang jatuh ketanah lebih banyak dibandingkan dengan daun muda yang tumbuh, sudah dipastikan tanaman tersebut sedang sakit dan tidak lama kemudian bisa mati. Selama saya berkebun saya tidak pernah melihat daun yang tidak akan jatuh, setiap daun yang tumbuh menjadi daun baru, pasti pada suatu saat akan berubah berwarna kuning dan akhirnya jatuh.

Berbeda dengan pertumbuhan ranting, pada awalnya ranting yang sangat kecil hanya mempunyai daun satu atau dua, kemudian ranting tersebut akan menjadi besar, dan daunnya pun akan bertumbuh dan gugur. Walaupun daunnya selalu bertumbuh dan gugur, tetapi ranting akan terus bertumbuh menjadi ranting yang besar, pada saat ranting menjadi besar, biasanya disebut dengan cabang, tidak mempunyai daun lagi, tetapi akan tumbuh beberapa ranting ranting kecil. Di ranting kecil itulah tumbuh daun daun baru. Siklus ini akan terus berulang, sehingga pohon akan menjadi besar dan banyak juga cabang cabang besar, dan daunnya menjadi sangat lebat.

Pelajaran yang saya dapatkan
Didalam mengelola perusahaan sama persis dengan pertumbuhan pohon mangga di atas, setiap perusahaan diperlukan daun-daun baru, perusahaan yang lama tidak merekrut karyawan baru, perusahaan tersebut akan mengalami stagnasi, dan pada suatu saat bila rata-rata karyawan sudah memasuki usia pensiun maka akan sulit cari penggantinya. Jadi kalau ada suatu perusahaan yang mengatakan wah karyawan saya disini, rata-rata sudah bekerja cukup lama, dan turnovernya sangat kecil sekali, pertanyaan berikutnya adalah berapa % karyawan baru yang masuk di perusahaan tersebut setiap tahunnya?

Biasanya kalau perusahaan sudah lama, dengan rata-rata karyawan yang sudah cukup lama juga, akan sulit melakukan perubahan, mereka akan cenderung mengadopsi proses dan cara kerja yang lama juga. Perusahaan yang bertumbuh pasti memerlukan karyawan baru, karena ukuran bisnisnya juga pasti akan berkembang. Jadi kalau suatu perusahaan tidak ada turnover karyawan, perusahaan juga tidak sehat. Secara alam seperti pohon, daun daun yang sudah tua menguning, akan rontok. Sebaliknya perusahaan dengan turnover karyawan yang sangat tinggi juga sulit untuk berkembang, karena kalau di pohon, daun baru yang tumbuh kemudian menguning dan rontok, artinya pohon tersebut tidak sehat, harus dibenahi.

Bagaimana kalau di suatu perusahaan yang turnovernya kecil, kemudian penambahan karyawan baru selalu ada, tetapi ada beberapa karyawan yang sudah lama bekerja di perusahaan tersebut? Kalau kita samakan dengan pohon mangga, pada saat pohon mangga bertumbuh ada daun baru bermunculan dan juga ada ranting ranting kecil juga bermunculan. Jadi pada saat kitra rekruit orang baru, orang baru tersebut dapat berperan sebagai daun, artinya dia mengerjakan suatu pekerjaan, kemudian pada suatu saat pekerjaan tersebut perlu orang yang kemampuannya lebih, atau karyawan tersebut tidak dapat mengikuti pertumbuhan perusahaan, baik terlalu cepat atau terlalu lambat, maka karyawan tersebut ibarat daun di dalam tanaman. Sedangkan ranting yang tumbuh itu, karyawan yang berpotensi menjadi leader, dan dapat ditempatkan di posisi managerial. Juga ada karyawan yang mempunyai kemampuan khusus, walaupun tidak masuk kedalam jabatan struktural, tetapi kemampuan skillnya dibutuhkan oleh perusahaan.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

05 Jul 2019 | 1654
26 Jun 2019 | 1412