rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Untuk Sukses Perlu Perubahan Cara Berpikir

Untuk Sukses Perlu Perubahan Cara Berpikir

Saya diberikan referensi untuk membaca buku yang berjudul Sang Penyelamat, buku tersebut menceritakan bagaimana Lee Kun-Hee anak pendiri Samsung, yang telah menjadi perusahaan besar pada saat itu, dan Kun-Hee dianggap sebagai anak yang tidak mempunyai bakat dalam memimpin perusahaan. Sehingga dia diberikan tugas untuk mengelola perusahaan yang tidak berarti, dan posisinya pun bukan posisi yang strategis.

Tetapi akhirnya Kun-Hee lah yang dapat membawa Samsung seperti sekarang ini. Perubahan apa yang terjadi pada diri Kun-Hee sehingga dia dapat mengubah perusahaan Samsung yang tidak dianggap pada awalnya menjadi suatu perusahaan yang sangat besar seperti sekarang ini. Awalnya produk-produk Samsung dianggap produk yang tidak laku, kalau di toko produk Samsung diletakan di tempat yang tidak strategis. Perubahan besar bisa terjadi menurut Kun-Hee adalah pola pikir Kun-Hee terlebih dahulu yang harus berubah, dia banyak sekali membaca buku dan belajar dari orang-orang yang memang berhasil dibidangnya. Pada saat awal menjalankan perubahan di Samsung, ada yang mentertawakan bahwa apa yang dia lakukan tidak akan bisa berjalan. Hanya membuang waktu dan uang saja.

Yang menarik buat saya pada saat dia melihat suatu permasalahan, dia menganggap harus melihat hutannya terlebih dahulu sebelum melihat pohonnya. Karena memang hutan terdiri dari pepohonan. Sama halnya pada saat melihat perusahaan, dia melihat perusahaan secara keseluruhan, sehingga dia bisa melihat masalah apa sebenarnya yang terjadi dengan perusahaannya. Untuk mengubah pola pikir semua karyawan yang ada di Samsung, Kun-Hee memulai dari jajaran direksi terlebih dahulu, yang dia lakukan adalah memberikan training-training, Kun-Hee menghabiskan ribuan jam untuk melakukan training karyawan Samsung. Setelah melakukan training dibanyak lini dan perusahaan yang ada di bawah Samsung, maka terlihat perubahan terjadi. Bahkan pada saat Samsung sudah menghasilkan keuntungan Kun-Hee masih tetap saja melakukan training kepada karyawan Samsung.

Perubahan yang terjadi pada diri Kun-Hee dari seseorang yang tidak dianggap, sehingga menjadi seseorang yang dapat mengubah Samsung dari perusahaan yang tidak dikenal menjadi perusahaan yang besar dan dikenal dengan inovasi, karena Kun-Hee bekerja keras untuk berubah, perubahan dimulai dari dirinya sendiri, dengan membaca buku dan banyak meminta nasehat dari orang orang yang dianggap sukses, sehingga terjadi perubahan cara berpikir. Dalam buku tersebut diceritakan juga seseorang yang mulai karirnya dari karyawan biasa, walaupun sebagai karyawan tetapi dia belajar dan bekerja seperti seorang CEO, akhirnya dia ditugaskan untuk mengembangkan suatu cabang di daerah yang cukup terpencil, dengan bekerja keras, akhirnya cabang yang dia pegang menjadi besar. Dia memutuskan untuk memulai usahanya sendiri dan mendirikan franchise ayam goreng yang terkenal di Korea.

Pelajaran yang saya dapatkan
Dari beberapa cerita yang ada didalam buku Sang Penyelamat, banyak pelajaran yang dapat dipetik untuk menjadi seseorang yang berhasil. Pada saat kita bekerja, cara berpikir kita harus seperti seorang CEO, tidak sebagai seorang upahan. Seorang upahan akan melakukan pekerjaannya bila diperintah untuk bekerja, kalau tidak ada pekerjaan lebih suka untuk melakukan hal-hal diluar pekerjaannya.

Kalau bekerja sebagai seorang CEO, maka pada saat mendapatkan tugas dia akan mengerjakannya sebaik apa yang bisa dilakukan, dengan keinginan mencapai yang lebih baik, maka akan banyak pelajaran yang didapatkan pada saat mengerjakan tugas yang diberikan. Dan pasti hasil pekerjaannya akan menjadi bagus. Setelah selesai membaca buku Sang Penyelamat Samsung, saya sangat menyarankan pada teman-teman yang ingin mengubah kehidupannya, untuk membaca buku tersebut. Saya sendiri banyak mendapatkan inspirasi dari buku tersebut. Judul aslinya “Samsung Saviour: How the prodigal son turned the electronical industry’s biggest joke into its biggest success” karangan Yo-Seb Ko.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

18 Apr 2019 | 1589