rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Mengalah Untuk Menang

Mengalah Untuk Menang

Pada suatu pagi saya pergi ke kantor lewat jalan tol, dan di jalan tol minimal ada 3 jalur. Di Indonesia cara orang menggunakan jalan tol dapat menggunakan jalur mana saja, walaupun pelan dia dapat menggunakan jalur paling kanan sehingga sering sekali jalur paling kiri kosong. Saya melihat ada mobil jalan perlahan di jalur paling kanan, dan di tengah ada juga mobil berjalan dengan kecepatan yang hampir sama, kebetulan di belakang mobil yang di jalur paling kanan ada mobil lain. Mobil lain ini membunyikan klakson, jaraknya sangat dekat sekali dengan mobil depannya, dengan harapan minta jalan pada mobil depannya.

Seandainya supir mobil yang meminta jalan di depannya tidak usah klakson dan mepet mobil depannya, tetapi yang dia lakukan adalah memperlambat mobilnya, dia akan mendapatkan jalan ke jalur kiri, kemudian dapat mendahului kedua mobil yang beriringan di jalur kanan dan tengah. Seolah-olah dia kalah karena tidak dapat mendahului mobil depannya, tetapi akhirnya dia dapat mendahului mobil didepannya dengan cara memperlambat mobilnya dan baru ambil kiri.

Didalam kehidupan sehari-hari orang yang tidak mau mengalah, biasanya orang yang merasa dirinya hebat, dan menyalahkan orang lain, biasanya keputusan-keputusan yang diambil hasilnya kurang baik. Seperti pada pengemudi mobil yang ingin mendahului tadi. Seandainya dia bisa sabar dan rendah hati, maka dia akan dapat melihat permasalahan yang dihadapi lebih jernih, dan hasil keputusannya akan lebih baik.

Andal Software menjual paket software untuk menghitung gaji, karena kami menjual dalam bentuk paket, maka bila ada calon pembeli mau membeli produk kita, maka kita perlu melakukan analisa proses bisnis payroll di calon pembeli tadi. Bila produk Andal tidak dapat digunakan secara optimum, maka kita akan memberi tahu pada calon pembeli tadi, kalau menggunakan Andal PayMaster akan terjadi seperti ini, atau bahkan kalau tidak bisa digunakan kita juga akan mengatakan terus terang bahwa aplikasi kita tidak dapat dijadikan solusi yang tepat di calon pembeli tadi.

Mengapa kita lakukan itu? karena kalau kita memaksakan suatu aplikasi yang tidak dapat digunakan di calon pembeli, maka pekerjaan untuk mengubah aplikasi akan menjadi panjang, bisa jadi biaya yang dikeluarkan oleh Andal akan menjadi besar, dan calon pembeli tadi juga merasa tidak puas karena deliverynya memakan waktu yang lama.

Dengan memberi tahu terus terang, maka Andal akan mendapatkan pelanggan yang proses bisnisnya cocok, sehingga waktu untuk melakukan implementasi menjadi pendek, dan Andal Software dapat menjual lebih banyak software lagi. Jadi dengan memilih pelanggan yang proses bisnis payroll nya cocok saja, hasil penjualannya akan lebih besar dibandingkan kalau mengambil semua pelanggan yang tertarik dengan produk Andal Software.

Pemikiran seperti ini sulit untuk dipahami, kalau yang dikejar adalah omset penjualan saja, tanpa memperhitungkan bagaimana nanti implementasinya, bagaimana supportnya. Dengan melihat secara keseluruhan proses bisnis di Andal Software, maka kita dapat memaksimalkan pendapatan. Saya mengetahui pada saat saya sharing bagaimana caranya Andal Software menjual produknya. Banyak yang bertanya apakah tidak sayang kalau sudah mendapatkan calon pelanggan yang tertarik kemudian dilepas? Saya mengatakan akan lebih baik melepas sehingga kita dapat melayani pelanggan lebih banyak dan hasil akhirnya lebih banyak juga. Tantangannya memang bagaimana kita dapat mencari calon pelanggan lebih banyak lagi agar pendapatan perusahaan meningkat.

Kesulitan untuk mencari pelanggan merupakan peluang untuk belajar bagaimana caranya mencari pelanggan. Dan kami sudah melakukan bertahun-tahun dengan ukuran ukuran tertentu, maka untuk mencari calon pelanggan kami sudah tidak merasakan kesulitan. Kalau kami mempunyai banyak calon pelanggan, maka kalau ada calon pelanggan yang tidak cocok, kami bisa mengatakan masih banyak lagi calon pelanggan yang mau.

Pelajaran yang saya dapatkan
Mengejar uang sehingga sulit untuk melepaskan calon pelanggan yang tidak cocok, merupakan beban kemelekatan, sedangkan pada contoh pengemudi yang tidak mau memperlambat mobilnya untuk dapat jalan di jalur sebelah kiri adalah karena harga dirinya terganggu kalau mengalah sedikit untuk menang. Sifat tersebut merupakan beban didalam hidup untuk naik ke level yang lebih tinggi, seperti telah saya tulis pada artikel sebelumnya.

Kita perlu rendah hati dan dapat membuang sifat kemelekatan pada jabatan, benda, maka hidup kita akan lebih ringan, sehingga kita akan lebih mudah untuk naik ke level yang lebih tinggi.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

01 Feb 2019 | 1737
28 Mar 2019 | 1674
22 Feb 2019 | 1305