rss

Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Perjuangan Seorang Ibu

Perjuangan Seorang Ibu

Saya merupakan anak pertama dari enam bersaudara dan semua saudara saya laki-laki. Saya tidak mempunyai adik perempuan. Sebagai anak pertama saya mengetahui persis perjuangan di dalam keluarga saya. Ayah saya mempunyai usaha dan di dalam berusaha ada saat-saat dimana usaha tidak baik dan ada saat-saat usaha ayah saya maju pesat. Pelajaran yang banyak saya dapatkan adalah pada saat usaha ayah saya dalam keadaan tidak baik, biasanya ibu saya mengambil alih menjadi tulang punggung keluarga dengan berjualan. Saya ingat waktu saya masih SD kelas 5, usaha ayah saya jatuh dan ibu saya menjual kue wafel. Bangun jam 4 pagi lalu sudah mulai mencetak wafel, jam 6 pagi beberapa pedagang datang ke rumah untuk mengambil wafel untuk dijual berkeliling.

Untuk membuat wafel perlu santan kelapa dan ampas kelapanya dicampur dengan tepung digoreng seperti bentuk donat kemudian dicelup di dalam gula pasir yang dipanaskan. Sehingga pada saat dingin gulanya menempel pada donat dari ampas kelapa. Ibu saya memanggil teman-teman SD saya yang mau berjualan donat tadi, biasanya di siang hari. Kedua makanan yang dijual ibu saya laku sekali, hampir selalu habis terjual. Dari hasil jualan tersebut, keluarga kami terselamatkan. Sekolah saya tidak terhenti, makan juga cukup. Sambil ayah saya mulai merintis usaha lagi dan setelah usaha ayah saya mulai berkembang, biasanya ibu saya berhenti berjualan sendiri karena ibu membantu usaha ayah.

Beberapa tahun kemudian ibu saya mulai iseng menjual es yang dibungkus dengan plastik dan menggunakan kulkas di rumah untuk membuat esnya. Setelah dicoba beberapa bulan, ternyata es nya juga banyak yang membeli sehingga kulkas yang di rumah tidak cukup lagi kapasitasnya. Kemudian ayah saya membelikan mesin pembuat es dan usaha es ibu saya cukup besar karena menggunakan mesin es yang dapat mendinginkan es dalam kantong plastik cepat sekali. Selama ibu saya melakukan usaha tersebut dan selama hidupnya, saya tidak pernah mendengar keluhan yang keluar dari mulut ibu saya, yang saya tahu dia bekerja dan bekerja. Kalau dia menginginkan sesuatu dia pasti akan mengejarnya hingga dapat.

Tujuh tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 24 Desember 2009, ibu saya terkena stroke akibatnya anggota badan sebelah kanan tidak dapat bergerak. Jadi ibu tidak dapat bicara dan juga tidak dapat berjalan. Setelah ibu terkena stroke, saya luangkan waktu paling tidak satu hari dalam seminggu, setiap hari jumat, saya ajak jalan untuk makan siang dan berbelanja untuk keperluan rumah. Walaupun tidak dapat berbicara tetapi ibu saya masih bisa mengatur dan tahu apa yang harus dilakukan. Kesulitannya adalah pada saat dia ingin menyampaikan sesuatu tetapi tidak ada yang mengerti apa yang dia maksudkan, biasanya ibu saya akan merasa kesal.

Pada hari Rabu tanggal 25 Oktober, ibu saya ingin melakukan sesuatu dan keluar ke teras rumah, tidak melihat ada trap. Dia terus menjalankan kursi rodanya dan jatuh terjerembab ke depan, kemudian terguling, hingga kulit di kepala robek di depan dan belakang cukup lebar. Setelah dijahit di rumah sakit, Ibu saya tidak tahan lagi dan meninggalkan kita semua pada hari jumat pagi. Hampir 8 tahun ibu saya tidak dapat berkomunikasi dengan baik tetapi masih mempunyai harapan yang besar untuk hidup.

Pelajaran yang saya dapatkan
Ibu saya telah memberikan inspirasi dan pelajaran kehidupan yang sangat berharga buat saya, dalam hidup kita akan mengalami banyak tantangan, selesaikan semua tantangan yang dihadapi dengan tidak mengeluh. Dalam mengejar goal harus persisten, tidak boleh menyerah, kalau cara satu tidak bisa didapatkan cari cara lain untuk mendapatkannya.

 

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.



Most Popular 3 Months Latest

14 Sep 2017 1234
Biasanya pada saat orang tua mengantarkan anaknya ke sekolah, terutama pada saat Si anak sekolah di TK dan SD biasanya mereka banyak berbincang dengan prestasi anaknya di sekolah. Kalau ada orang tua yang bercerita tentang anaknya yang berprestasi menjadi juara kelas, atau juara apa tentu saja orang tua merasa bangga. Menurut saya sebagai orang tua memang akan merasa bangga bila anaknya berprestasi, hal ini adalah perasaan yang wajar.
25 Aug 2017 1036
Pada suatu hari saya bertemu dengan teman saya, dan dia memberi pelajaran yang sangat berharga untuk saya dengan bercerita. Ceritanya seorang pemilik perkebunan yang sudah siap dipanen, maka dia memerlukan orang-orang untuk memanen kebunnya. Sepanjang perjalanan menuju ke kebun, Si Pemilik kebun bertemu dengan orang yang tidak punya pekerjaan, kemudian ditawarkan pekerjaan untuk memanen di kebunnya, setelah sepakat dengan Rp. 200,000 per hari untuk memanen hasil kebunnya, beberapa orang mulai bekerja di kebunnya.
29 Sep 2017 982
Pada saat awal saya mendirikan Andal saya sering kesal juga bahwa orang yang saya kasih tahu tidak mengerjakan seperti apa yang saya inginkan. Dan saya ingin setiap orang yang di Andal dapat mengerjakan seperti apa yang saya bayangkan. Kalau tidak bisa saya akan marah, saya ingat benar pada saat itu kalau saya sudah marah, rasanya orang tersebut melakukan kesalahan yang besar dan tidak dapat diperbaiki. Setelah saya membaca banyak buku, perlahan saya mulai berkurang marahnya.