Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Resep Membangun Usaha yang Bertahan

Resep Membangun Usaha yang Bertahan

Saya mengagumi dengan beberapa perusahaan yang berumur ratusan tahun dan sekarang masih menjadi perusahaan besar. Sedangkan di Indonesia banyak juga perusahaan besar yang tidak bertahan lama, biasanya setelah pendirinya tidak ada lagi, perusahaan tersebut perlahan-lahan akan menghilang. Pertanyaan saya adalah apa yang membuat perbedaan antara perusahaan yang bertahan ratusan tahun dan perusahaan yang tidak dapat bertahan.
Keputusan Kecil Menentukan Masa Depan

Keputusan Kecil Menentukan Masa Depan

Setiap saat kita selalu dihadapkan untuk mengambil keputusan. Baik itu keputusan yang dianggap sepele, maupun keputusan yang menurut kita suatu keputusan yang besar. Tetapi keputusan-keputusan kecil juga akan membuat perbedaan pada saat sepuluh tahun ke depan, dua puluh tahun ke depan. Awal saya menekuni bidang TI merupakan keputusan kecil yang tidak terlihat bahwa itu akan menjadi pekerjaan saya. Pada suatu siang di sekitar tahun 80an di hari Jumat, ada seorang supir suruhan paman saya datang ke rumah.
Orang Hebat Tidak Selalu Berprestasi

Orang Hebat Tidak Selalu Berprestasi

Pada suatu hari perbincangan dengan teman saya seorang pengusaha yang sudah cukup berhasil, mengatakan bahwa dia pernah beberapa kali merekrut orang-orang yang dianggapnya baik dan berprestasi di beberapa tempat, tetapi pada saat ditempatkan di perusahaan yang dikelola tidak memperlihatkan prestasinya. Saya juga pernah memikirkan hal tersebut, seandainya saya bisa merekrut orang yang saya lihat berprestasi di tempat lain, tentunya dapat membawa Andal ke posisi yang lebih baik lagi.
Mengapa Atasan Suka Marah ?

Mengapa Atasan Suka Marah ?

Pada saat awal saya mendirikan Andal saya sering kesal juga bahwa orang yang saya kasih tahu tidak mengerjakan seperti apa yang saya inginkan. Dan saya ingin setiap orang yang di Andal dapat mengerjakan seperti apa yang saya bayangkan. Kalau tidak bisa saya akan marah, saya ingat benar pada saat itu kalau saya sudah marah, rasanya orang tersebut melakukan kesalahan yang besar dan tidak dapat diperbaiki. Setelah saya membaca banyak buku, perlahan saya mulai berkurang marahnya.
Meningkatkan Efisiensi dengan Mengubah Proses

Meningkatkan Efisiensi dengan Mengubah Proses

Henry Ford seorang yang sangat legendaris dalam perindustrian mobil, dia yang mengubah cara membuat mobil. Dari pembuatan mobil dikerjakan oleh banyak orang untuk membuat sebuah mobil, kemudian dia membuat pabrik mobil dengan metoda ban berjalan, sehingga setiap orang mengerjakan satu pekerjaan saja dan berulang-ulang. Akibat dari perubahan proses dalam pembuatan mobil, Ford dapat memangkas waktu pembuatan mobil dari sebelumnya satu mobil memerlukan waktu 12 jam, dengan menggunakan ban berjalan maka satu mobil dapat diselesaikan dalam waktu 2,5 jam.
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.



Most Popular 3 Months Latest

28 Jul 2017 1516
Apa sebenarnya yang disebut dengan ngeyel, awalnya memang saya tidak mengerti, dan saya adalah orang yang paling ngeyel. Orang ngeyel adalah orang yang merasa dirinya benar, sehingga pada saat ada orang yang memberitahukan sesuatu misalnya kenapa terlambat janji ? atau mengapa melakukan pekerjaannya tidak sesuai dengan yang diinstruksikan, mereka selalu membela diri bahwa perbuatan yang mereka lakukan itu benar. Tujuan akhirnya adalah tidak mau disalahkan.
11 Aug 2017 1219
Pada saat saya bertemu dengan teman saya, seorang pengusaha TI yang cukup ternama, bertanya : “Apakah pernah merasakan kehilangan orang terbaik ?”, saya jawab tidak pernah. Kemudian pertanyaan berikutnya adalah : “Bagaimana caranya agar orang yang terbaik tidak keluar ?”. Jawaban saya ini yang membuat dia keheranan dan tidak mengerti, kalau saya lihat dari raut muka pada saat saya menjawab pertanyaannya. Jawaban saya adalah : “Saya tidak pernah punya orang terbaik di perusahaan saya”.
14 Sep 2017 1112
Biasanya pada saat orang tua mengantarkan anaknya ke sekolah, terutama pada saat Si anak sekolah di TK dan SD biasanya mereka banyak berbincang dengan prestasi anaknya di sekolah. Kalau ada orang tua yang bercerita tentang anaknya yang berprestasi menjadi juara kelas, atau juara apa tentu saja orang tua merasa bangga. Menurut saya sebagai orang tua memang akan merasa bangga bila anaknya berprestasi, hal ini adalah perasaan yang wajar.