rss

Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Kehidupan Orang yang Ngeyel

Kehidupan Orang yang Ngeyel

Apa sebenarnya yang disebut dengan ngeyel, awalnya memang saya tidak mengerti, dan saya adalah orang yang paling ngeyel. Orang ngeyel adalah orang yang merasa dirinya benar, sehingga pada saat ada orang yang memberitahukan sesuatu misalnya kenapa terlambat janji ? atau mengapa melakukan pekerjaannya tidak sesuai dengan yang diinstruksikan, mereka selalu membela diri bahwa perbuatan yang mereka lakukan itu benar. Tujuan akhirnya adalah tidak mau disalahkan.

Saya coba mengingat lagi mengapa saya seperti itu, seingat saya pada saat ada orang lain mulai menyalahkan apa yang saya lakukan, saya mulai mencari alasan bahwa apa yang saya lakukan itu benar. Karena selalu ingin benar akibatnya saya tidak pernah belajar, tidak pernah dapat memperbaiki diri, dan kehidupan saya menjadi stagnan tidak ada kemajuan. Apa sebenarnya yang terjadi, kenapa orang yang ngeyel kehidupannya stagnan?. Peningkatan taraf hidup dimulai dari cara berpikir seperti orang yang berhasil secara finansial. Mengapa mereka bisa berhasil secara finansial?. Ya memang cara berpikirnya sudah berbeda. Jadi untuk memperoleh kehidupan yang berhasil, harus dapat belajar sehingga kita dapat berpikir seperti orang yang ingin kita harapkan.

Dan kalau menjadi orang yang ngeyel, dia merasa dirinya sudah tahu, dan tidak mau disalahkan, maka dia tidak dapat menyerap ilmu orang lain. Pokoknya yang bertentangan dengan cara pikirnya adalah salah. Mentor saya pernah bercerita pada saya, ada beberapa orang yang mengatakan bahwa dia tidak baik, tetapi secara finansial dia adalah orang yang sangat berhasil, dan jauh lebih berhasil dari kita, kehidupannyapun dapat kita contoh. Maka sejelek apapun orang tersebut berhasil, jadi cara berpikirnya harusnya bagus. (Perlu dibedakan seseorang berhasil secara finansial, tetapi bagaimana mendapatkan keberhasilan tersebut. Tentunya yang saya maksudkan disini bukan orang yang cara mendapatkan keberhasilannya dengan kecurangan).

Apa yang menyebabkan saya dapat berubah? Awalnya karena peran mentor saya, saya diminta untuk mulai membaca buku, dan mulai saat itu saya membaca buku. Kemudian setiap kali mengikuti seminar saya disuruh menulis, dan yang terakhir pada saat saya diberitahu dan ngeyel saya mulai ditegur. Dan sekali ditegur tersebut saya mulai sadar. Sejak saat itu saya tidak pernah lagi ngeyel. Pada saat saya diminta untuk membaca buku, banyak hal yang saya pelajari dari buku-buku pengembangan diri, dari mulai pemilihan kata-kata positif pada saat bicara, menghilangkan kata-kata yang sifatnya mengeluh. Dari membaca buku dan mengubah cara saya memilih kata-kata untuk berbicara, saya sudah mulai berpikir positif, sehingga pada saat saya ditegur, saya sudah dapat menerima.

Sejak saat itu pula saya selalu mau mendengarkan orang lain berbicara, terlepas apa yang dibicarakan saya setuju atau tidak, seandainya saya tidak setuju, biasanya saya bertanya. Dengan pertanyaan maka saya akan mengerti apa yang lawan bicara saya pikirkan. Seandainya saya debat, maka saya tidak belajar apa-apa.

Pelajaran yang saya dapatkan
Untuk mengubah diri dari ngeyel menjadi menerima pendapat orang lain, memerlukan pihak ketiga yang dapat mengubah cara kita berpikir, mungkin banyak orang yang mengalami perubahan ini. Tentunya mempunyai pengalaman yang berbeda-beda bagaimana seseorang dapat berubah. Yang pasti perubahan dapat terjadi karena pihak ketiga.

Pertemuan dengan pihak ketiga dapat terjadi karena kita sering bertemu dan berinteraksi dengan orang lain, jadi kalau saya perhatikan orang yang pergaulannya terbatas, akan sulit untuk mengalami perubahan menuju kehidupan yang lebih baik. Selama satu tahun ini saya mulai mengadakan perubahan di Andal, dengan meningkatkan interaksi antar departemen, dan meeting bersama antar departemen, serta menyelesaikan masalah dengan melibatkan departemen lain yang berkaitan dengan penyelesaian masalah. Perubahan yang terjadi sekarang ini adalah kerja sama antar departemen menjadi jauh lebih baik, dan yang menggembirakan semester satu yang baru berlalu jumlah penjualan dalam rupiah meningkat drastis.

Sekarang ini saya masih mendorong kerja sama antar departemen diperkuat lagi, dan saya melihat pertumbuhan yang akan terjadi di semester dua mendatang, serta apa yang akan terjadi di tahun depan sudah terbayang. Prediksi pertumbuhan ini didasarkan dari angka-angka yang dapat dibaca di AIM (Andal Information Management) ini adalah aplikasi CRM internal Andal Software.

 

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 


Comments are closed.
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Artikel Pengembangan Diri Yang Paling Diminati
dalam 3 Bulan terakhir.

14 Jul 2017 1155
Di dalam suatu organisasi paling mudah untuk melimpahkan tanggung jawab pada orang lain dengan menyalahkan orang lain. Pada saat awal saya mendirikan perusahaan kalau ada sesuatu yang tidak beres saya akan mencari siapa yang menjadi penyebab ketidakberesan tersebut dan langsung saya akan menyalahkan orang tersebut kemudian saya akan marah dan memberikan hukuman pada orang tersebut.
28 Jul 2017 1078
Apa sebenarnya yang disebut dengan ngeyel, awalnya memang saya tidak mengerti, dan saya adalah orang yang paling ngeyel. Orang ngeyel adalah orang yang merasa dirinya benar, sehingga pada saat ada orang yang memberitahukan sesuatu misalnya kenapa terlambat janji ? atau mengapa melakukan pekerjaannya tidak sesuai dengan yang diinstruksikan, mereka selalu membela diri bahwa perbuatan yang mereka lakukan itu benar. Tujuan akhirnya adalah tidak mau disalahkan.
26 May 2017 1013
Saya senang sekali mempelajari kehidupan, dan terutama kehidupan orang-orang yang saya anggap sukses. Di dalam perpustakaan pribadi saya ada beberapa buku mengenai orang-orang yang saya anggap berhasil seperti, Liem Sioe Liong, William Soerjadjaja, Bill Gate, Steve Job dan beberapa yang lainnya.

Perjalanan Kami

Hubungi Kami

Phone : +62 21 6385 8510
E-Mail : marketing@andalsoftware.com

Ikuti Kami