rss

Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Biaya yang Terselubung

Biaya yang Terselubung

Banyak pengalaman yang sangat menarik selama mengelola Andal Software, pengalaman bisa datang dari calon customer, customer maupun di dalam perusahaan sendiri. Seringkali saya melihat banyak perusahaan yang menghemat pengeluaran, dan yang dipikirkan tentang penghematan adalah berapa banyak uang yang dikeluarkan. Secara umum cara seperti ini memang benar, tetapi marilah kita lihat lebih detail lagi.

Ada beberapa perusahaan pada saat membeli software hanya dilihat dari segi harga, setelah mengundang beberapa vendor software, tentunya harganya bisa bervariasi. Kemudian keputusan yang diambil semata-mata hanya dari segi harga software. Tidak diperhitungkan berapa lama delivery time-nya, berapa sumber daya manusia yang digunakan dari perusahaan pada saat melakukan implementasi software. Berapa banyak biaya yang dikeluarkan selama melakukan implementasi, tentunya tidak berasa karena tidak benar-benar mengeluarkan uang. Tetapi pada saat manager dan staffnya menemani Si Vendor software untuk konsultasi, tentunya ada biaya yang dikeluarkan. Biaya gaji manager dan teamnya harusnya diperhitungkan. Jadi semakin panjang waktu implementasi, semakin besar biayanya, dan biaya ini tidak terlihat, karena tidak berasa, yang dirasakan hanya membayar gaji karyawan.

Ada juga perusahaan yang menghitung pengganjiannya memakai rumus yang rumit tujuannya adalah untuk memperkecil biaya, seperti misalnya biaya lembur, pada saat seseorang melakukan lembur sebelum dan sesudah bekerja dihitung terpisah, sehingga pengalinya akan dimulai dari yang kecil. Atau kalau karyawan terlambat beberapa menit dipotong sekian rupiah, terlambat lebih lagi dipotong lebih besar lagi. Untuk melakukan perhitungan di atas perlu waktu khusus dan juga memerlukan waktu yang lebih lama, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih banyak, belum lagi kemungkinan salahnya lebih besar, karena perhitungan yang komplek akan menyebabkan kemungkinan kesalahan lebih besar. Bila pemotongan keterlambatan tujuannya agar karyawan jera dan tidak terlambat, harusnya diukur dari angka keterlambatan setelah menerapkan pemotongan tersebut.

Bila dengan pemotongan yang terlambat berkurang dengan angka yang sangat kecil, artinya sistem tersebut tidak berjalan dengan baik, tetapi biaya untuk mengelola gaji bertambah.  Dan masih banyak lagi biaya-biaya terselubung yang tidak terasa, saya pernah membaca buku yang judulnya saya lupa, di buku tersebut membahas tentang pengeluaran ini. Contoh yang paling jelas adalah penggunaan kartu kredit, pada saat kita belanja menggunakan kartu kredit kita tidak terlalu berasa berapa banyak yang kita bayar, dibandingkan dengan mengeluarkan uang cash. Karena pada saat mengeluarkan uang cash kita merasakan berkurang dari apa yang kita miliki, sedangkan dengan kartu kredit berkurangnya uang kita tidak berasa, karena pada saat menggesek kartu tidak ada yang berkurang dari apa yang kita miliki.

Pelajaran yang saya dapatkan
Biaya-biaya terselubung sering terjadi karena kita tidak merasakan pada saat biaya itu terjadi, seperti ada suatu perusahaan bergerak di bidang rumah makan misalnya, kemudian dia mempunyai team TI sendiri untuk mengembangkan aplikasi yang digunakan di usahanya, tentunya biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar dibandingkan kalau dibuat oleh perusahaan lain yang memang benar-benar mempunyai pengalaman di bidangnya.

Team saya juga pernah beberapa kali diundang oleh suatu perusahaan kemudian diminta demo, dan banyak pertanyaan yang diberikan kepada team, dan pertanyaannya seputar bagaimana suatu fungsi itu bekerja. Dan memang benar akhirnya tidak membeli aplikasi dari kita, dan mereka membuat sendiri. Buat kami tidak jadi masalah, karena memang kami menjual paket, jadi kalau tidak cocok juga tidak apa-apa. Tetapi masalahnya ada pada perusahaan itu, karena mereka hanya membuat untuk konsumsi sendiri sehingga pengalaman untuk membuat software tertentu tidak sebanyak dengan pengalaman perusahaan software yang telah banyak membuat aplikasi yang sama.

Tentunya antara biaya yang dikeluarkan dan software yang dihasilkan tidak dapat diukur dengan pasti, berapa biaya untuk mendapatkan software tersebut dibandingkan dengan membeli dari pihak luar. Saya selalu teringat kata-kata prof. Clayton mengatakan bila ada pihak luar yang dapat membuat sesuatu yang kita butuhkan dan kwalitasnya lebih baik, serta harganya lebih murah, maka sebaiknya kita membeli dari luar.

 

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 


Comments are closed.
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Artikel Pengembangan Diri Yang Paling Diminati
dalam 3 Bulan terakhir.

14 Jul 2017 1155
Di dalam suatu organisasi paling mudah untuk melimpahkan tanggung jawab pada orang lain dengan menyalahkan orang lain. Pada saat awal saya mendirikan perusahaan kalau ada sesuatu yang tidak beres saya akan mencari siapa yang menjadi penyebab ketidakberesan tersebut dan langsung saya akan menyalahkan orang tersebut kemudian saya akan marah dan memberikan hukuman pada orang tersebut.
28 Jul 2017 1077
Apa sebenarnya yang disebut dengan ngeyel, awalnya memang saya tidak mengerti, dan saya adalah orang yang paling ngeyel. Orang ngeyel adalah orang yang merasa dirinya benar, sehingga pada saat ada orang yang memberitahukan sesuatu misalnya kenapa terlambat janji ? atau mengapa melakukan pekerjaannya tidak sesuai dengan yang diinstruksikan, mereka selalu membela diri bahwa perbuatan yang mereka lakukan itu benar. Tujuan akhirnya adalah tidak mau disalahkan.
26 May 2017 1013
Saya senang sekali mempelajari kehidupan, dan terutama kehidupan orang-orang yang saya anggap sukses. Di dalam perpustakaan pribadi saya ada beberapa buku mengenai orang-orang yang saya anggap berhasil seperti, Liem Sioe Liong, William Soerjadjaja, Bill Gate, Steve Job dan beberapa yang lainnya.

Perjalanan Kami

Hubungi Kami

Phone : +62 21 6385 8510
E-Mail : marketing@andalsoftware.com

Ikuti Kami