Mini Workshop Perencanaan SDM & Perhitungan Beban Kerja

Selasa, 14 November 2017 (Pk 08.30 – 12.00 WIB) - Grand Soll Marina Hotel, Tangerang

Latar Belakang : Dalam rangka mengantisipasi perkembangan bisnis, HRD dituntut untuk mampu merencanakan kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang dapat secara efektif mampu menunjang target-target perusahaan di tahun depan. Dalam proses perencanaan kuantitas dan kualitas tenaga kerja, hal ini tidak dapat dilepaskan dari pemahaman dan penguasaan aktivitas ‘Analisa Beban Kerja’. Dan, selanjutnya penguasaan aktivitas ‘Analisa Beban Kerja’ akan lebih sempurna bila didukung dengan kemampuan melakukan ‘Man Power Planning’ sehingga HR dapat berperan sebagai “Strategic Partner” bagi Top Manajemen sekaligus sebagai “Fasilitator” bagi setiap kebutuhan spesifik unit kerja.

Demikian pula ketika suatu perusahaan terhimpit kerugian atau berusaha memperkuat kemampuan bersaingnya adalah bagaimana cara mengefisienkan perusahaan. Apakah jumlah SDM/karyawan yang ada sekarang ini berlebih, kurang atau sudah optimum dengan kebutuhan perusahaan, dan bagaimana cara mengetahui atau mengukur hal-hal tersebut ? Banyak cara/teknik/metode yang dapat digunakan untuk menjawab serangkaian pertanyaan tersebut, namun metode yang dianggap paling akurat untuk digunakan adalah Analisis Beban Kerja (Workload Analysis).

Metode analisis beban kerja yang akan diberikan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penyelidikan waktu (time study). Dengan menganalisis waktu yang seharusnya dikonsumsi pemegang jabatan untuk melaksanakan tugas-tugas jabatannya sesuai dengan yang diharapkan dibandingkan dengan waktu efektif yang tersedia, maka akan diperoleh nilai beban kerja (dalam prosentase) suatu jabatan/unit/perusahaan. Berapa kelebihan atau kekurangan jumlah SDM pada suatu jabatan/unit/perusahaan akan diperoleh dengan membandingkan kebutuhan jumlah karyawan yang optimum dengan jumlah SDM yang ada saat ini di jabatan/unit/perusahaan. Implikasi dari hasil analisis beban kerja ini, selain pengurangan/penambahan jumlah SDM juga dapat berupa rekomendasi penyempurnaan job description, prosedur kerja (system operating procedure), restrukturisasi organisasi, dan pelatihan peningkatan competency SDM. Informasi lebih terinci mengenai hal-hal tersebut akan diperoleh dengan mengikuti workshop ini.

Outline Materi :

  1. Pengertian Analisa Beban Kerja (Workload Analysis).
  2. Tujuan & Manfaat Analisa Beban Kerja.
  3. Jenis-jenis Beban Kerja (BK Jabatan, BK Individu, BK Unit Kerja, BK Perusahaan).
  4. Pendekatan & Metode dalam Analisis Beban Kerja.
  5. Penyelidikan Waktu (Time Study).
  6. Jenis-Jenis Tugas (Pokok, Tambahan, Lain-lain, Rutin, Berkala, Insidentil).
  7. Tahapan/Langkah-langkah Pelaksanaan Tugas.
  8. Waktu Pelaksanaan Tugas.
  9. Kelonggaran Waktu (Allowance).
  10. Beban Kerja Standar.
  11. Alat Pengukuran yang digunakan.
  12. Teknik Analisis Data yang digunakan.
  13. Wawancara dalam Analisis Beban Kerja
  14. Perhitungan Beban Kerja Jabatan, Individu, Unit Kerja, dan Perusahaan.
  15. Treatment System dan Review Business Proces / SOP / IK.
  16. Kaitan Analisa Beban Kerja & Man Power Planning (MPP).
  17. Definisi MPP.
  18. Perbedaan antara MPP dan HR Planning.
  19. Alternatif Pendekatan dan Metode MPP.

METODOLOGI :
Untuk melaksanakan serangkaian kegiatan workshop sebagaimana lingkup pekerjaan diatas, maka beberapa metode pendekatan yang digunakan antara lain adalah :

  1. Studi Dokumentasi : Struktur Organisasi, Business Process dan SOP yang terkait.
  2. Training & Ceramah interaktif.
  3. Focus Group Discussion (FGD) / Sharing.

Workshop akan diselenggarakan pada :

Hari, Tanggal : Selasa, 14 November 2017
Waktu : 08.30 - 12.00 WIB
Tempat : Grand Soll Marina Hotel Jatake
Jl. Gatot Subroto Km 5,3 Jatiuwung
Gandasari - Tangerang, Banten
Peserta : Senior HR Manager, Staff HRD & Payroll
Investasi : Rp. 0,-
RSVP : Titin Ariani / titin@andalsoftware.com
021-63858510 / 0852-1224-8272

Fasilitator : Drs. Jack Alenzo, MM. MH
Jack Alenzo adalah Konsultan dan Trainer pengembangan SDM, organisasi dan kepemimpinan di beberapa lembaga yang bergerak di bidang konsultasi dan pelatihan.
Beliau memiliki latar belakang pendidikan di bidang Manajemen dan Hukum Bisnis. Saat ini juga sedang menempuh Pendidikan Doktoral bidang Manajemen Pendidikan. Disamping itu beliau juga memperoleh sertifikasi six sigma, master trainer employee and management cooperation dari ILO, Asesor Kompetensi dari BNSP, professional coach dari International Coach Federation dan terlibat di banyak kegiatan training, consulting dan coaching di berbagai perusahaan ternama.


Seminar 14 November 2017 : Mini Workshop Perencanaan SDM & Perhitungan Beban Kerja
Drs. Jack Alenzo, MM. MH | HR Consultant

Loading
  • Formulir Pendaftaran Pelatihan :

    Isi dengan pelatihan yang anda ingin ikuti.